UT Gencar Sertifikasi Tutor-tutornya

Kompas.com - 04/09/2010, 12:34 WIB
EditorLatief

TANGERANG, KOMPAS.com - Universitas Terbuka (UT) menggencarkan pelatihan dan sertifikasi bagi 14.372 tutornya untuk meningkatan kualitas layanan pendidikannya. Tutor yang berfungsi sebagai motivator dan fasilitator mahasiswa yang dituntut belajar mandiri.

Tutor yang mendapatkan pelatihan dan sertifikasi itu sebanyak 85 persen. Mereka berasal dari dosen perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Sementara di daerah yang terbatas jumlah dosen yang bisa direkrut, mahasiswa difasilitasi tutor dari guru ataupun instansi pemerintah lainnya. Namun, kualifikasi pendidikan minimal sarjana.

Hasmonel, Pembantu Rektor III UT Bidang Kemahasiswaan dan Operasional, mengatakan, akreditasi tutor terus ditingkatkan. Pada tahun ini targetnya 50 persen tutor UT sudah diakreditasi supaya memiliki standar yang sama dalam menjalankan tugas tutorial di lapangan.

Diberitakan sebelumnya, UT saat ini tengah menyiapkan program pendidikan magister yang sepenuhnya dilakukan secara online. Selain itu, universitas milik negara tersebut kini juga memperkuat layanan program pascasarjana dengan sistem belajar jarak jauh dilengkapi dengan tatap muka. (ELN)



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X