IPB Pun Buka S-1 Prodi Syariah

Kompas.com - 06/09/2010, 15:09 WIB
EditorLatief

BOGOR, KOMPAS.com — Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai tahun akademik 2010-2011 membuka program studi atau mayor baru untuk program S-1 Ilmu Ekonomi Syariah. Program ini nantinya akan bernaung di bawah Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM).

Ketua Tim Implementasi Mayor S-1 Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB Irfan Syauqi Beik mengatakan, pembukaan program tersebut mendapatkan sorotan sekaligus apresiasi, yang ditunjukkan dengan membeludaknya peserta seleksi calon mahasiswa. "Karena setiap seorang pendaftar harus bersaing dengan 25 orang untuk mendapatkan kesempatan kuliah di mayor terbaru di IPB tersebut," ujarnya di Bogor, Senin (6/9/2010).

Irfan mengatakan, pembukaan mayor terbaru di lingkungan IPB tersebut sebagai jawaban terhadap pendekatan konvensional dalam pembangunan sektor pertanian, yang menimbulkan rasa ketidakadilan bagi petani, termasuk berbagai kebijakan ekonomi yang tidak terhadap para petani.

"Pendekatan ekonomi konvensional tidak mau tahu kondisi kultur petani sehingga petani selalu dirugikan dan diperlakukan secara kurang adil," tambah Irfan.

Sementara itu, Ketua Departemen Ilmu Ekonomi FEM IPB Dedi Budiman Hakim mengemukakan, sebagai lembaga pendidikan, IPB berkewajiban mengembangkan keilmuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas, salah satunya melalui ilmu ekonomi syariah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.