Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngapain" Jauh-jauh Sekolah ke Jawa?

Kompas.com - 16/09/2010, 14:43 WIB

PONTIANAK, KOMPAS.com — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP Untan) merencanakan empat program studi baru, yaitu S-1 Bimbingan Konseling serta S-2 Pendidikan Ekonomi, Bahasa Inggris, dan Matematika. Rencana tersebut ditargetkan terealisasi tahun depan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura (FKIP Untan), Pontianak, Dr Aswandi, menyatakan, saat ini pihaknya tengah menunggu izin pertimbangan pembukaan program studi baru tersebut. "Kami tinggal melengkapi persyaratan administrasi," kata Aswandi di Pontianak, Kamis (16/9/2010).

"Jika tidak ada halangan, awal tahun depan prodi itu sudah kami buka," ujarnya.

Untuk memperlancar pembukaan program studi baru, dalam waktu dekat dia akan menemui Direktur Perguruan Tinggi untuk mengurus beberapa kelengkapan administrasi pembukaan tersebut. Aswandi juga mengatakan sudah mengajukan beberapa program studi lain dan saat ini dalam proses penilaian oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. Beberapa program baru itu di antaranya program S-1 Pendidikan Sejarah, PPKN, dan Geografi, sedangkan untuk program studi S-2 antara lain Pendidikan IPS dan Pendidikan Karakter.

Menurut Aswandi, dengan banyaknya program studi baru pendidikan tersebut, diharapkan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan di Kalbar. Karena setiap masyarakat ataupun guru yang ingin melanjutkan pendidikan keguruan akan mendapatkan kemudahan.

"Jadi, tidak perlu jauh-jauh ke Pulau Jawa untuk sekolah karena di FKIP Untan saja sudah lengkap," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com