Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilihan Calon Rektor ITS Dimulai

Kompas.com - 21/09/2010, 17:25 WIB

SURABAYA, KOMPAS - Penjaringan aspirasi mahasiswa, karyawan, dan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk menentukan lima calon Rektor ITS dimulai Senin (20/9). Dari hasil pemilihan ini, Senat Akademik ITS akan memilih tiga nama yang diajukan kepada Presiden melalui Menteri Pendidikan Nasional.

Penjaringan aspirasi dilangsungkan seperti pemilihan umum dengan perlengkapan berupa surat suara, bilik suara, dan kotak suara. Mahasiswa memberikan suara di setiap jurusan, sedangkan karyawan di Plaza Angka.

Karyawan yang sudah memberikan suara wajib mengisi surat identitas yang dimasukkan ke kotak terpisah dari kotak suara. Langkah ini, kata Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan ITS Nurijati Hamid, untuk mencegah adanya satu orang yang memberikan suara lebih dari sekali.

Suara yang diperebutkan sebelas bakal calon Rektor ITS terdiri atas PNS di ITS yang mencapai 712 orang dan pegawai honorer 485 orang. Selain itu, masih ada sekitar 1.200 dosen dan 17.000 mahasiswa yang memiliki hak suara. Kesebelas bakal calon yang berkompetisi itu adalah Agus Windharto, Prof Nadjadji Anwar, Prof Noor Endah, dan Prof Priyo Suprobo berasal dari Fakultas Teknologi Sipil dan Perencanaan; Prof Imam Robandi, Sumarno, Prof Mahfud, Prof Triyogi Yuwono, dan M Haryadi dari Fakultas Teknologi Industri; serta Prof Daniel M Rosyid dan M Mustain dari Fakultas Teknologi Kelautan.

Ketua Panitia Pemilihan Calon Rektor ITS Sritomo Wignjosoebroto menjelaskan, penjaringan ditutup Jumat (24/9) pukul 11.00 dan dihitung mulai pukul 13.00. Hasil penghitungan suara dan skor yang diperoleh setiap kandidat dilaporkan dalam rapat Senat Akademik pada Rabu (29/9).

Skor dihitung dari perolehan suara dari setiap unsur civitas akademika. Suara mahasiswa dan karyawan berbobot 2, sedangkan suara dosen berbobot 5.

Penentuan tiga nama calon yang akan diajukan Senat Akademik kepada Presiden dilakukan setelah lima calon memaparkan program kerja konkretnya dalam rapat senat terbuka pada 20 Oktober.

Selanjutnya, Jumat (22/10), Senat Akademik menentukan tiga calon dari lima nama yang ada. Selanjutnya, Presiden yang menentukan seorang Rektor sebagai pimpinan ITS selama 2011-2016. (INA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com