Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunjangan Belum Cair, Guru Mengadu

Kompas.com - 24/09/2010, 14:01 WIB

GRESIK, KOMPAS.com - Sekitar 150 perwakilan guru tiap jenjang pendidikan 18 kecamatan di Kabupaten Gresik, Jumat (24/9/2010) mengadu ke DPRD Gresik. Mereka menuntut tunjangan fungsional guru dan tunjangan profesi pendidik yang selama enam bulan belum dicairkan segera dicairkan.

Para guru ditemui Ketua DPRD Gresik, Zulfan Hasyim, Wakil Ketua DPRD Gresik Susiyanto, dan sejumlah anggota. Salah seorang guru, Supeno kepada anggota DPRD Gresik menyebutkan, seharusnya 250 guru yang bersertifikasi menerima tunjangan profesi pendidik (TPP) satu kali gaji per bulan.

Ribuan guru yang belum bersertifikasi menerima tunjangan fungsional guru (TFG) Rp 1,1 juta per bulan. Semula tunjangan itu akan dicairkan sebelum Lebaran, namun hingga kini belum diterima.

Zulfan Hasyim menyatakan, pimpinan DPRD telah meminta Komisi D Bidang Kesejahteraan Rakyat untuk berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan untuk proses pencairan tunjangan. Rencananya, tunjangan untuk guru swasta diberikan Sabtu (25/9/2010), sedangkan untuk guru PNS dicairkan Senin (27/9/2010).

Sesuai surat dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik yang ditandatangai Kepala Dinas, Chusaini Mustaz bernomor 81/D/0747/437.53/IX/2010 tanggal 23 September 2010 ditujukan kepada Kepala Unit Pelaksana Teknis tingkat kecamatan dan Kepala SD/SMP/SMK, maka tunjangan akan segera dicairkan.

Bagi guru SMP/SMA/SMK bisa mengambil buku tabungan untuk pencairan tunjangan di Dinas Pendidikan Gresik Jalan Arif Rahman Hakim. Bagi guru SD di SMPN 4 Gresik, Jalan Proklamasi, dan bagi guru TK/SLB di SMPN 1 Gresik, Jalan Jaksa Agung Suprapto.

TPP dikucurkan melalui Bank Mandiri bagi guru atau pengawas yang mendapatkan SK Dinas Pendidikan, Sabtu (25/9/2010). TFP guru yang bersumber APBD Gresik dicairkan melalui Bank Jatim, Senin (27/9/2010).

Rencana tambahan penghasilan guru yang belum bersertifikasi dengan dana APBD dilaksanakan Senin (27/9/2010) seperti pengambilan gaji.

Menurut Ketua PGRI Gresik, Mulyono, para guru akan berunjuk rasa jika ternyata Senin uang tunjangan belum dicairkan. Selama ini guru sudah cukup bersabar, tunjangan yang mestinya diterima tiap bulan namun selama enam bulan belum dicairkan. Janji akan dicairkan sebelum Lebaran pun tidak terealisasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com