Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penganggur Akademik Dua Juta Orang

Kompas.com - 27/09/2010, 09:48 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) mencatat, sedikitnya dua juta lulusan perguruan tinggi dengan aneka jenjang menjadi penganggur. Perlu perubahan paradigma pendidikan agar lulusan perguruan tinggi tidak hanya menjadi pencari kerja.

Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal mengatakan, di Indonesia tercatat sedikitnya 14 juta sarjana. Dua juta di antaranya menjadi penganggur setelah lulus. ”Secara sistem, pemerintah berusaha memperbaiki, antara lain, dengan peninjauan kurikulum,” ujarnya di sela-sela wisuda perdana Universitas Ciputra Surabaya, Sabtu (25/9/2010).

Perbaikan itu, antara lain, mendorong lebih banyak pelajaran soal kewirausahaan. Pendidikan di Universitas Ciputra (UC) Surabaya menjadi bukti kewirausahaan bisa diajarkan kepada siapa saja.

Hampir seluruh dari 145 lulusan angkatan pertama UC Surabaya sudah bekerja sebelum lulus. Sebagian membuka lapangan pekerjaan sendiri.

”Pemerintah bekerja sama dengan Universitas Ciputra berusaha mengembangkan pendidikan entrepreneurship ke perguruan tinggi lain,” ucapnya.

Kerja sama antara lain dengan menggelar pelatihan pendidikan kewirausahaan untuk 2.000 dosen dari sejumlah perguruan tinggi. Selain itu, juga dibuka inkubasi bisnis di 300 perguruan tinggi. Pemerintah menyediakan sejumlah insentif bagi perguruan tinggi yang mendorong pendidikan kewirausahaan.

”Tetapi, ada faktor lain yang tidak kalah penting untuk pengembangan entrepreneurship, yakni kemauan pribadi mahasiswa,” tuturnya.

Pendiri UC, Ciputra, mengatakan, pendidikan selama empat tahun di UC tak bertujuan mendapat ijazah saja. Proses pendidikan bertujuan menekankan kepribadian dan sikap seorang wirausaha.

Ijazah sebenarnya bukan kertas cantik yang didapat hari ini. Ijazah yang paling berharga adalah perubahan mindset, karakter, budaya, kecakapan, dan pemahaman entrepreneurship. (RAZ)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com