Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Ruangan di Universitas Riau Hangus

Kompas.com - 28/09/2010, 04:21 WIB

Pekanbaru, Kompas - Sedikitnya 20 ruangan di Kampus Universitas Riau Lama, Jalan Pattimura, Gobah, Pekanbaru, Senin (27/9), terbakar. Ruang kuliah Fakultas Ilmu Sosial dan Po- litik serta Program Magister Ilmu Sosial dan Politik yang paling parah dan tidak dapat dipakai.

Kebakaran diketahui oleh penjaga kampus, Irwansyah, sekitar pukul 02.30. Ia berupaya memadamkan api. Namun, api menjalar cepat dan tidak bisa dipadamkan. ”Saya meminta bantuan kawan-kawan untuk memadamkan api. Namun, angin sangat kencang sehingga api cepat menyebar,” kata Irwansyah.

Syafril Nawawi, Kepala Dinas Kebakaran Kota Pekanbaru, mengatakan, pihaknya telah berupaya memadamkan secara maksimal dengan mengerahkan sembilan mobil pemadam. Mobil pemadam pertama datang sekitar 15 menit setelah laporan kebakaran. Dua jam kemudian, api baru dikendalikan.

Pada Senin siang, api sudah padam walau sebagian barang masih tampak membara.

Rektor Universitas Riau Prof Dr Ashaluddin Jalil mengatakan, kerugian nonfisik diperkirakan Rp 1,3 miliar. Kerugian itu dinilai dari rusaknya sarana, seperti komputer, mebel, uang kas kampus, data mahasiswa, dan buku. ”Kerugian fisik bangunan masih dihitung tim dari Fakultas Teknik. Data mahasiswa juga ikut terbakar. Kami harus mencari data dari dosen atau hardcopy yang tersisa,” katanya.

Kepala Kepolisian Resor Kota Pekanbaru Komisaris Besar Mujiyono mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kebakaran itu. Diduga kebakaran berasal dari arus pendek. ”Untuk kepastian, Tim Pusat Laboratorium Forensik dari Medan akan ke lokasi,” katanya. (SAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com