Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hebat, Indonesia Posisi Ketiga Dunia!

Kompas.com - 28/09/2010, 10:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim Olimpiade Indonesia meraih tempat ketiga dalam perolehan medali emas terbanyak di ajang Olimpiade Internasional Kebumian (International Earth Science Olympiad) ke-4 di Yogyakarta, 19-28 September 2010.

Sebagai tuan rumah IESO ke-4 ini, Indonesia berhasil meraih dua emas dan enam perak. Peringkat pertama diraih kontingen Taiwan dengan tiga emas dan satu perak, diikuti tim Korea Selatan dengan dua emas.

Medali emas Indonesia diraih peserta dari perwakilan SMA Negeri 3 Yogyakarta, Rio Priandi Nugroho (18), yang telah kuliah di Fakultas Ilmu dan Teknologi Bumi Institut Teknologi Bandung (ITB). Dua permasalahan yang diujikan dalam olimpiade adalah kekeringan di Kabupaten Gunung Kidul sebagai isu lokal dan perubahan lingkungan sebagai isu internasional. Para peserta juga berpraktik di sejumlah bentang alam unik di Yogyakarta, di antaranya goa dan sungai bawah tanah di Bribin, Gunung Kidul.

Ketua delegasi Indonesia, Saptono Budi Samudra, mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang telah diraih tim Indonesia. Menurut dia, meski belum menempati urutan pertama, prestasi Indonesia tahun ini lebih meningkat ketimbang keikutsertaan pada IESO sebelumnya. Pada IESO pertama di Korea Selatan, Indonesia meraih empat medali perunggu, sedangkan pada IESO ke-3 di Taiwan menjadi lebih baik dengan capaian satu medali perak dan dua perunggu.

"Kalau melihat ke belakang, Indonesia sudah tiga kali mengikuti IESO dan prestasinya terus meningkat. Saya bangga, terutama karena kita menjadi tuan rumah, dan dapat menunjukkan bahwa kita cukup mampu untuk berbicara di forum internasional, setidaknya sudah bisa menyamai Jepang," kata Saptono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com