Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau, Belajar Tujuh Bahasa Asing di IPB?

Kompas.com - 28/09/2010, 13:12 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Memperingati Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke-47, Unit Pelatihan Bahasa IPB melaksanakan open house unit tersebut selama sehari penuh, Selasa (28/9/2010). Beberapa kegiatan berbau budaya dari enam negara, yang bahasanya diajarkan di IPB, ditampilkan.

Kepala Unit Pelatihan Bahasa IPB Prof MH Bintoro mengatakan, IPB menyediakan fasilitas pelatihan tujuh bahasa bagi mahasiswa ataupun staf pengajar dan masyarakat umum yang berminat. Tujuh bahasa tersebut antara lain Jepang, Jerman, Korea, Inggris, Mandarin, Perancis, dan Arab.

"Tenaga pengajarnya para alumni IPB yang juga pernah studi di negara-negara tersebut. Fasilitas pelatihan ini awal-awalnya diadakan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan staf pengajar IPB yang mendapat beasiwa studi atau riset dari negara-negara tersebut," katanya.

Pada acara open house kali ini, lanjut Bintoro, pihaknya memfasilitasi para mahasiswa yang mengikuti pelatihan tersebut dan klub-klub mahasiswa yang berminat pada budaya negara-negara tersebut untuk tampil membawakan kesenian atau pernak-pernik budaya negara-negara tersebut, termasuk juga permainan atau seni kriyanya.

Selain kesenian, panitia juga memfasilitasi pemutaran film-film dokumenter dan karaoke dari beberapa negara tersebut. Kemeriahan lain yang juga ditampilkan adalah barongsai.

"Mahasiswa harus bisa menguasai bahasa asing juga. Di IPB, mahasiswanya wajib bisa bahasa Inggris. Selain bahasa itu, mahasiswa kami berminat dengan bahasa Jepang. Biasanya, makin banyak beasiswa yang ditawarkan suatu negara, makin banyak mahasiswa yang berminat mempelajari bahasa dan budaya negara tersebut," tutur Bintoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com