Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Tabot Dihadiri Lima Negara

Kompas.com - 11/10/2010, 06:07 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com--Festival Tabot yang akan digelar di Bengkulu, 2-17 Desember 2010 akan dihadiri duta seni dari lima negera sahabat.

"Jika tida ada aral melintang, Festival Tabot di Bengkulu akan dihadiri lima negera sahabat. Undangan sudah kita layangkan kepada masing-masing kedutaan besar negera sahabat di Jakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Bengkulu Teguh A Roni di Bengkulu, Minggu.

Kelima negera sahabat yang diperkirakan akan menghadiri Festival Tabot itu antara lain Irak, Iran, Malaysia, Brunai Darussalam dan Singapura.

Selain itu, Pemerintah Kota Bengkulu juga mengundang sejumlah provinsi di Tanah Air untuk berpartisipasi pada Festival Tabot Bengkulu tahun 2010. Provinsi yang diundang antara lain Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sumsel, Jambi dan beberapa provinsi lainnya.

"Kita berharap mereka bersedia mengirimkan untusannya ke Bengkulu untuk ikut berpartisipasi pada festival yang menjadi kalender tetap Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan Pemerintah Kota Bengkulu mengundang negera sahabat dan sejumlah provinsi di Tanah Air adalah mempromosikan berbagai objek wisata yang ada di Bengkulu kepada tamu tersebut.

"Kita berharap setelah mereka menyaksikan langsung Festival Tabot dapat memprovinsi objek wisata Bengkulu kepada masyarakat di negera dan provinsi bersangkutan," ujarnya.

Dengan demikian, kedepan kunjungan turis manca negera dan lokal ke Bengkulu dapat meningkat. "Tujuan inilah yang akana dicapai kita mengundang negera sahabat dan provinsi tetangga untuk berpartisipasi pada Festival Tabot 2010," ujarnya.

Festival Tabot ini akan menghabiskan dana sekitar Rp1,2 miliar. Dari kebutuhan dana itu, sebesar Rp600 juta dari APBD Kota Bengkulu dan sebesar Rp500 juta lagi dari bantuan Pemprov Bengkulu.

Sedangkan kekurangan Rp100 juta lagi diharapkan dapat ditutupi dari sejumlah sponsor yang sudah menyatakan akan berpartisipasi pada Festival Tabot tersebut. "Kita optimitis kebutuhan dana Festival Tabot dapat diatasi dengan baik," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com