Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unas Gelar Festival Budaya Internasional

Kompas.com - 13/10/2010, 16:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Nasional (UNAS) menyelenggarakan Festival Budaya Internasional 2010 pada 13-14 Oktober 2010 di Kampus UNAS, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Festival bertema 'Culture Tolerance Across Asia. Festival' ini akan menghadirkan berbagai jenis produk kebudayaan dari negara-negara asia seperti Malaysia, Yordania, Iran, Korea Selatan, Jepang, China, Uni Emirat Arab, Vietnam, serta Filipina.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pengetahuan (Fisip) UNAS Suhanto di Jakarta, Rabu (13/10/2010), mengatakan, pelaksanaan Festival Budaya Internasional 2010 diprakarsai oleh mahasiswa UNAS jurusan Hubungan Internasional. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengkolaborasikan nilai-nilai kebudayaan bangsa-bangsa di dunia.

"Selain itu untuk dapat mengeliminasi konflik-konflik, meningkatkan perdamaian dunia, serta kerjasama antarbangsa," ujar Suhanto.

Sementara itu, Head of Culture Iran, Mohammad Alirabbani, mengatakan, di dunia saat ini banyak terjadi perang dan konflik antarmanusia. "Dan yang tersisa hanyalah kebudayaan. Satu-satunya jalinan yang ditinggalkan nenek moyang kita hingga sekarang adalah kebudayaan," ujar Alirabbani.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, menambahkan, festival internasional semacam ini bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan khasanah budaya masing-masing negara peserta.

"Kegiatan ini relevan sekali jika dilakukan di perguruan tinggi, asalkan harus dibuat dengan profesional sehingga acaranya bisa tepat sasaran," kata Arie.

Dia menambahkan, pihak perguruan tinggi bisa menjadi agen pembangunan dan promosi kebudayaan. "Pertukaran informasi dan bisa memperkenalkan bangsa sehingga bisa menjadi daya tarik turis asing untuk datang ke Jakarta," lanjut Arie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com