Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beswan Djarum Seleksi 12 Karya Tulis

Kompas.com - 14/10/2010, 19:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Beswan Djarum 2010 menyelenggarakan Lomba Karya Tulis yang dipresentasikan di Jakarta, Kamis (14/10/2010). Lomba karya tulis yang terbatas hanya untuk mahasiswa penerima beasiswa Djarum ini memaparkan tentang pentingnya gagasan kreatif dan orisinal mahasiswa Indonesia menuju masa depan ke-Indonesia-an.

Karya tulis ilmiah tersebut bukan hasil penelitian atau skripsi sehingga belum pernah dipublikasikan dan diperlombakan. Proses penjurian lomba karya tulis dilakukan dua tahap, yaitu di tingkat regional dan tingkat nasional.

Adapun dewan juri regional (DJR) terdiri dari tiga orang akademisi yang dipilih dari beberapa perguruan tinggi di wilayah cakupan regional. Sementara untuk tingkat nasional, dewan juri nasional (DJN) terdiri dari tiga orang, yaitu Dr Soefyan Tsauri (Ketua Majelis Profesor Riset Indonesia), Anies Rasyid (Rektor Universitas Paramadina), dan Suryapratomo (Direktur Pemberitaan Metro TV). Setelah semua peserta mempresentasikan karya tulisnya, DJN akan menilai 12 karya tulis yang terdiri dari tiga karya tulis terbaik dari empat regional.

Salah satu karya tulis yang menarik dipresentasikan adalah "Potensi Tempe Kalengan sebagai Media Promosi Pangan Khas Indonesia ke Mancanegara" karya Reggie Surya dari Institut Pertanian Bogor. Ada juga "Komik Kepahlawanan Modern untuk Indonesiaku" karya Selvi Eka Puspitasari dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) serta "Standarisasi dan Revitalisasi Ekuitas Merek Batik di Indonesia untuk Mengoptimalkan Pasar Batik di Regional Asia Tenggara dan China" karya Reza Meifia Fitra dari Universitas Airlangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com