Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risya Sasri, Juara I LKT Beswan Djarum

Kompas.com - 15/10/2010, 17:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Risya Sasri, mahasiswi jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tanjungpura, Pontianak, meraih juara pertama Lomba Karya Tulis Beasiswa Djarum Plus (LKT Beswan Djarum Plus) 2010 yang diumumkan Jumat (15/10/2010), di Jakarta. Risya menyisihkan 11 finalis lainnya lewat karya bertajuk Pemanfaatan Nanopigmen Kaolinit-Bixin sebagai Fotosensitizer pada Sel surya TiO2 dan Potensi Pengembangannya di Kalimantan Barat. 

Mengambil tema Masa Depan Ke-Indonesia-an, LKT Beswan Djarum Plus yang memasuki tahun kelima penyelenggaraannya ini diikuti oleh 184 dari 450 peraih Beswan Djarum Plus. Setelah melalui proses seleksi, dewan juri terdiri dari Dr Soefyan Tsauri (Ketua Majelis Profesor Riset Indonesia), Anies Baswedan (Rektor Universitas Paramadina), serta Suryapratomo (Direktur Pemberitaan Metro TV), menyeleksi 12 finalis. Seleksi yang berlangsung selama dua hari, Kamis dan Jumat (14-15/10/2010), ini hanya menghasilkan tiga pemenang utama.

"Gampang kalau mau mencari yang terbaik, karena memang keduabelas karya ini semuanya merupakan karya terbaik. Yang sulit itu justeru mencari yang bukan terbaik," ujar Soefyan, sebelum diumumkannya nama-nama para pemenang.

Dia mengatakan, dari keduabelas karya para finalis tersebut, penilaian dewan juri yang paling utama tidak semata pada content. Orisinalitas dan cara membawakan presentasi itulah yang kemudian menurutnya paling penting di mata para juri.

"Hanya dua itulah yang membedakan mereka," katanya.

Adapun juara kedua LKT tahun ini diraih oleh Reggie Surya dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan judul karya Potensi Tempe Kalengan sebagai Media Promosi Pangan Khas Indonesia ke Mancanegara. Sementara juara ketiga dipegang oleh Ferdinand Hidayat dari Universitas Tanjungpura lewat karyanya, Material Komposit Bagas-Polianilina sebagai Elektroda pada Baterai Berbasis Selulosa.

Sebagai hadiahnya, masing-masing pemenang tersebut mendapatkan uang tunai senilai Rp 20.000.000 untuk juara pertama, Rp 15.000.000 untuk juara kedua, dan Rp 10.000 untuk juara ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com