Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Sana-sini, UN Perlu Dibenahi....

Kompas.com - 16/10/2010, 09:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP) memaparkan beberapa kriteria sebagai evaluasi ujian nasional. Masih banyak ditemukan kekurangan pada pelaksanaan UN jika tetap akan dilaksanakan tahun 2011.

Dipaparkan dalam diskusi Lokakarya Ujian Nasional (UN) di Jakarta, Jumat (15/10/2010), Ketua BSNP Djemari Mardapi memaparkan beberapa poin untuk menyempurnakan penyelenggaraan UN. Pertama, UN tetap dilaksanakan pada seluruh satuan pendidikan dasar dan menengah. Kedua, kriteria kelulusan UN untuk sekolah kategori mandiri, yaitu standar kelulusan yang dibuat dari sekolah yang bersangkutan, harus ditentukan oleh BSNP.

“Ketiga, pelaksanaan UN untuk SMP/Mts dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi bersama Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota," ujar Djemari.

Kelima, lanjut dia, percetakan bahan UN SMP harus dilakukan oleh perusahaan di rayon yang bersangkutan, sedangkan untuk percetakan bahan UN SMA harus dilakukan di perguruan tinggi yang memenuhi syarat. Terakhir, tim pemantau independen yang bertugas untuk memantau UN ditiadakan dan diserahkan tugasnya kepada Dinas Pendidikan Provinsi dalam melaksanakan tugas pemantauan.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Negeri Medan Syawal Gultom, mengatakan perlunya dilakukan beberapa poin sebagai langkah penguatan UN 2011 mendatang. Pertama, standarisasi yang diberlakukan pada UN 2011 harus jelas dan menguntungkan bagi semua pihak.

“Kedua adalah perbaikan seluruh proses pelaksanaan UN, distribusi soal, dan percetakannya,” lanjut Syawal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com