Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trie Utami Bersedia Jadi Dosen Tamu Unej

Kompas.com - 23/10/2010, 15:27 WIB

JEMBER, KOMPAS.com--Pemusik dan penyanyi Trie Utami menyatakan bersedia menjadi dosen tamu program studi televisi dan film di Fakultas Sastra Universitas Jember (Unej), Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kalau dibutuhkan, saya siap menjadi dosen tamu untuk mahasiswa program studi televisi dan film di Fakultas Sastra yang baru dibuka tahun 2010 ini," kata Trie Utami, Jumat, di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unej dalam rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra 2010.

Unej membuka program studi baru yakni program studi televisi dan film di Fakultas Sastra sesuai dengan surat keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional, dengan nomor 97/D/O/2010 tertanggal 9 Juli 2010.

"Belajar tentang film dan televisi memang menarik, sehingga saya pun tertarik untuk memberikan ilmu saya kepada mahasiswa program studi televisi dan film di Universitas Jember," papar penyanyi dan penulis buku itu.

Dalam kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra di Unej, Trie Utami juga promosi bukunya tentang keindahan dan misteri situs purbakala Keraton Ratu Boko dalam buku berjudul "Abhayagiri Keraton Ratu Boko".

Menanggapi pernyataan Trie Utami, Ketua Program Studi Televisi dan Film Fakultas Sastra, Hari Krisna menyambut baik keinginan Trie untuk menjadi dosen tamu di Fakultas Sastra Unej.

"Kami sangat senang sekali, apabila Trie Utami bisa mengajar program studi televisi dan film di Fakultas Sastra," tuturnya.

Jumlah mahasiswa program studi televisi dan film, lanjut dia, sebanyak 22 orang atau satu kelas karena program studi tersebut masih baru berjalan dan dibuka pada tahun ajaran 2010/2011.

Hari menjelaskan, kuliah di program studi televisi dan film berupa praktik secara langsung dengan mata kuliah penyutradaraan, animasi, spesial efek, editing, tata lampu dan tata rias.

"Mahasiswa juga akan dibekali kemampuan analitis di bidang televisi dan film, sehingga mereka bisa menerapkan secara langsung teori yang sudah didapat," jelasnya.

Program studi televisi dan film merupakan satu-satunya di Jawa Timur, sehingga menambah lengkap program studi yang ada di Unej, sehingga program studi yang dimiliki Unej mencapai 57 program studi yang tersebar di 15 fakultas dan program studi setara fakultas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com