PERBANKAN

Tertarik Program Studi Kebanksentralan?

Kompas.com - 26/10/2010, 14:19 WIB
EditorLatief

MALANG, KOMPAS.com - Universitas Negeri Malang (UM) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) ke-21 di Indonesia yang mengembangkan mata kuliah khusus kebanksentralan. Pengembangan mata kuliah ini diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan perjanjian kerja sama antara Bank Indonesia dan UM di Malang, Selasa (26/10/2010).

"Selain PTN, ada tiga perguruan tinggi swasata (PTS) yang telah mengembangkan mata kuliah kebanksentralan secara khusus, yakni Trisakti, Parahyangan, dan Indonesian Banking School (IBS)," ujar Direktur Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia (BI) Rizal A Djafara. 

Rizal berharap, selama ini sebagian besar materi tentang kebanksentralan hanya disisipkan pada mata kuliah tertentu, belum ada yang membahas secara khusus menjadi satu mata kuliah. Hanya saja, dari 21 perguruan tinggi yang mengembangkan mata kuliah kebanksentralan itu sekarang tinggal 12 yang masih aktif karena beberapa perguruan tinggi itu sudah mampu mengembangkannya secara mandiri.

Ia mengemukakan, ide pengembangan mata kuliah kebanksentralan muncul pada 2005. Ide itu lalu ditawarkan ke sejumlah PTN terkemuka yang memiliki fakultas ekonomi, namun yang merespon saat itu hanya Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Akhir tahun ini kita targetkan ada dua perguruan tinggi lagi yang bergabung dan mengembangkan mata kuliah kebanksentralan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.