Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Tinggi Warga Mengungsi

Kompas.com - 26/10/2010, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir di kawasan Ciledug, Tangerang yang sudah mencapai 1 meter lebih pada siang ini memaksa para warga meninggalkan rumahnya. Mereka terpaksa harus mengungsi ke tempat lain.

Sumarman, Ketua RW 09 perumahan Puri Kartika menjelaskan bahwa pihaknya bersama pemerintah sudah mengevakuasi warganya. "Sebagian besar warga Puri Kartika RW 09 sudah dievakuasi ke mesjid di kampung atas. Ada juga yang mengontrak rumah dan ngungsi di rumah sanak saudara mereka," jelasnya saat ditemui Kompas.com siang ini (26/10/2010).

Namun demikian, pantauan Kompas.com di perumahan Puri Kartika terlihat masih ada warga yang nekat untuk menetap di rumahnya. "Saya mau jagain rumah saja. Nanti kalau rumah saya ada yang maling siapa yang tanggung jawab," tutur Giono, salah satu warga Puri Kartika. 

Saat ini, hujan yang kembali mengguyur kawasan Ciledug, Tangerang membuat sejumlah warga kembali resah. Warga khawatir hujan ini akan menambah ketinggian banjir, padahal saat ini genangan di beberapa perumahan di Ciledug sudah mencapai dada orang dewasa.

Menurut Dini, salah satu warga perumahan Ciledug Indah 1, Ciledug, Tangerang, pagi tadi air sudah mulai surut, namun dengan hujan ini biasanya air akan bertambah tinggi lagi. "Ketar-ketir juga kalau hujan deras begini. Sudah turun 5 centi jadi bisa naik lagi 5 centi," ujarnya.

Dini menambahkan banjir akan bertambah tinggi lagi jika daerah Bogor juga hujan, karena airnya akan dikirim ke Ciledug juga. "Kalau sudah hujan terus begini terus ditambah dapat air dari Bogor ya makin habis nanti rumah saya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com