Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga: Segera Bangun Tanggul Permanen!

Kompas.com - 26/10/2010, 15:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kompleks Ikatan Koperasi Pegawai Negeri atau IKPN, Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta, meminta agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera membangun tanggul permanen di ruas Kali Pesanggrahan yang melintas di sekitar kompleks tersebut. Pasalnya, tanggul sementara yang dibangun di sana tidak mampu menahan air sehingga kembali jebol pada Senin (25/10/2010) sore dan mengakibatkan banjir satu meter.

"Si DKI 1 (Gubernur Fauzi Bowo) waktu itu mengatakan akan bangun tanggul permanen, tapi mana? Waktu dia kampanye dia bilang dia ahlinya. Kenyataannya mana?" ujar Kumala, Ketua RW 04 yang wilayahnya terendam banjir, kepada Kompas.com, Selasa (26/10/2010).

Dikatakan Kumala, tanggul sementara di Kali Pesanggrahan tersebut sudah dua kali jebol sejak tanggul utama di sana jebol pada 17 Agustus. "Jebol pertama 17 Agustus (tanggul permanen), kedua 14 September, ketiga 25 Oktober kemarin," katanya.

Atas jebolnya tanggul utama pada 17 Agustus itu, pihak Wali Kota Jakarta Selatan, kata Kumala, telah bertemu warga dan berjanji akan segera membangun tanggul permanen.

"Tapi, sampai sekarang banjir, belum ada (pemerintah provinsi) yang datang. Masa iya DKI enggak punya dana?" kata Kumala.

Pada kemarin sore tanggul sementara Kali Pesanggrahan jebol. Akibatnya, air setinggi dua meter menggenangi kompleks yang letaknya lebih rendah dari tanggul. Hingga berita ini diturunkan, air masih menggenang. Hanya saja, ketinggian air berkurang menjadi satu meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com