Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JRF Siap Bantu Benahi Kerusakan

Kompas.com - 05/11/2010, 09:03 WIB

Bantul, Kompas - Java Reconstruction Fund menyatakan kesiapan untuk turun tangan membantu membenahi kerusakan infrastruktur akibat letusan Merapi. Saat ini, mereka tengah menunggu hasil analisis lapangan untuk menentukan jenis-jenis bantuan infrastruktur yang akan diberikan.

”Kami sudah sepakat untuk terlibat dalam penanganan korban letusan Merapi, seperti kami dahulu terlibat dalam penanganan korban gempa di Bantul. Hanya saja, bantuannya seperti apa kami masih menunggu kajian dari Jakarta,” kata District Management Java Reconstruction Fund (JRF) DIY Wiji Utomo, Kamis (4/11) di Bantul.

Menurutnya, sesuai dengan komitmen, JRF hanya fokus pada bantuan yang bersifat infrastruktur. Mereka tidak menyediakan bantuan pangan atau jenis bantuan lainnya. ”Dari informasi sementara, ada sejumlah rumah warga yang rusak. Kami masih menunggu keseluruhan data pendukung,” katanya.

Dia mengatakan, selama ini JRF sudah melakukan pendampingan di tiga desa di Kecamatan Cangkringan, Sleman, yakni Desa Wukirsari, Umbulharjo, dan Desa Kepuharjo. Pendampingan tersebut fokus pada mitigasi bencana.

JRF beranggotakan negara-negara Eropa dan Amerika. Saat gempa menerjang wilayah DIY dan Jawa Tengah, mereka menyediakan dana hibah sekitar 60 juta dollar Amerika Serikat, yang disalurkan melalui Bank Dunia. Dana tersebut digunakan untuk membangun rumah- rumah warga yang rusak akibat gempa. Jumlah total rumah yang berhasil dibangun sekitar 18.000 unit. Anggaran setiap rumah Rp 20 juta.

Ekonomi

Setelah memberi dana untuk rekonstruksi rumah, JRF mengalokasikan dana 14,33 juta dollar AS untuk pengembangan ekonomi warga korban gempa di DIY dan Jawa Tengah. Uang tersebut digunakan untuk membantu akses pendanaan dan bantuan teknis bagi usaha kecil dan menengah (UKM) serta membantu penyelesaian kredit macet para pelaku UKM.

Tak hanya berhenti sampai di situ, kiprah JRF terus berlanjut setelah gempa usai. Sejak 2009 sampai sekarang, mereka fokus pada penataan lingkungan berbasis mitigasi bencana. ”Program tersebut akan berakhir 2011. Total dana yang sudah dikucurkan untuk program tersebut sebesar Rp 1,25 miliar,” kata Sapto Putro, Koordinator Lapangan JRF Bantul II.

Secara terpisah, Soelistijono, area marketing Kami juga menyediakan donasi kepada ahli waris korban Merapi,” katanya.

(ENY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com