Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Tunda Event Internasionalnya

Kompas.com - 08/11/2010, 10:38 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Panitia Pelaksana Wisdom 2010 menyampaikan penundaan perhelatan internasional World Conference on Science, Education & Culture (Wisdom) 2010 yang rencananya berlangsung pada 8 - 11 November 2010 di Yogyakarta. Acara tersebut akan memaparkan kearifan-kearifan lokal Indonesia.

“Penundaan ini sebagai bentuk keprihatinan dan solidaritas kami pada masyarakat luas terkait musibah letusan Gunung Merapi yang sampai saat ini masih berlangsung. Sebagai penyelenggara utama UGM juga berharap agar kondisi segera menjadi normal agar seluruh aktivitas masyarakat di sekitar Yogyakarta dapat berjalan kembali,” kata Rektor UGM Prof Sudjarwadi dalam siaran persnya di Yogyakarta, Senin (8/11/2010).

Kendati demikian, Wisdom 2010 direncanakan untuk tetap digelar pada Desember 2010 mendatang. Tanggal dan waktu pelaksanaannya akan diumumkan lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua Organizing Committee Prof Atyanto Dharoko, menyampaikan permohonan maafnya atas penundaan acara tersebut kepada pihak-pihak terkait. Keputusan itu harus diambil karena mempertimbangkan kondisi letusan Gunung Merapi dan status wilayah Yogyakarta yang saat ini termasuk wilayah rawan dampak letusan tersebut.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya di Kompas.com, Senin (18/10/2010), pada pelaksanaan Wisdom 2010 ini akan ditampilkan tokoh peraih Nobel Perdamaian 2006 serta pendiri Grameen Bank dan anggota Dewan Direksi Persatuan Bangsa-Bangsa, Muhammad Yunus dari Bangladesh.

Adapun agenda utamanya adalah colloquium in Honor of Dr Ann Dunham Soetoro (mendiang Ibunda Barack Obama, Presiden Amerika Serikat) dan Prof Dr Mubyarto (pejuang ekonomi berbasis kerakyatan), yang meru pakan ajang diskusi dalam rangka menghormati hasil-hasil karya kedua tokoh tersebut di bidang pengembangan ekonomi kerakyatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com