Menggoda Minat Sains Lewat Komik

Kompas.com - 08/11/2010, 16:24 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 250 guru di wilayah Jakarta, Senin (8/11/2010), mendapatkan pelatihan pembelajaran sains yang menyenangkan. Kegiatan yang digagas majalah komik sains Kuark dan Universitas Paramadina itu bertujuan untuk memberi wawasan pada guru dalam menciptakan pembelajaran sains yang tidak membuat siswa bosan dan takut.

Guru bisa saja, salah satunya memanfaatkan majalah komik sains Kuark untuk memperkaya pembelajaran sains di kelas. Penyajian komik sains dalam bentuk dialog dan visual yang menarik menjadi kunci keberhasilan dalam menumbuhkan minat anak didik cinta belajar sains.

Deputi Rektor Universitas Paramadina Wijayanto mengatakan, kemampuan para guru menghadirkan pembelajaran sains yang menyenangkan masih terbatas. "Karena itu perlu terus diasah lewat pelatihan-pelatihan," ujarnya.

Sementara itu, Sanny Djohan dari PT Kuark International mengatakan, komik sains Kuark hanyalah sebuah alat untuk mendukung para guru yang berada di garis depan dalam memberikan pengertian dan pembelajaran pada anak didik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.