Ayo, Jangan Takut Ikut Olimpiade Sains!

Kompas.com - 08/11/2010, 17:12 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa bilang olimpiade sains hanya bisa diikuti anak-anak jenius atau yang jago sains saja? Anak-anak dengan kemampuan biasa-biasa saja di pelajaran sains juga harus punya kesempatan merasakan berkompetisi di sebuah ajang olimpiade sains berkaliber nasional.

Peluang bagi anak-anak SD/MI seluruh Indonesia yang punya tingkat kemampuan beragam di bidang sains bisa mendaftarkan diri di ajang Olimpiade Sains Kuark (OSK) 2011 yang digagas majalah komik sains Kuark. Majalah Kuark diluncurkan sejak tahun 2003 untuk menyajikan pelajaran sains bagi anak-anak SD lewat komik sehingga menarik dan menyenangkan.

Indun Lestari, Panitia Pusat Penyelenggara OSK 2011, di hadapan para guru di wilayah Jakarta yang ikut pelatihan pembelajaran sains yang menyenangkan, Senin (8/11/2010), mengatakan OSK sudah dilaksanakan sejak 2007. Hingga tahun lalu, sudah diikuti lebih dari 150.000 siswa SD/MI dari seluruh wilayah Indonesia.

Indun menjelaskan, OSK diharapkan menjadi sarana yang mampu membangun semangat positif siswa dalam berkompetisi, sekaligus mendorong anak didik dapat memberikan yang terbaik dalam kemampuan mereka di bidang sains. Peserta yang ikut bisa mewakili perorangan atau sekolah.

"Kompetisi seringkali dibatasi untuk siswa yang mampu, yang ditunjuk guru dan mewakili sekolah. Tetapi OSK ini beda karena memberi kesempatan untuk siapa saja yang mau belajar sains. OSK untuk mengasah kemampuan anak di bidang sains, sekaligus membentuk karakter menjadi berani, memiliki daya siang tinggi, namun mengedepankan nilai-nilai kejujuran dan sportifitas dalam berkompetisi," ujar Indun.

Pendaftaran secara resmi dibuka hingga 15 Desember 2010. Pelaksanaan babak penyisihan pada 19 Februari 2011 di berbagai wilayah Indonesia. Adapun babak final akan dilaksanakan di Jakarta untuk menentukan peraih medali emas, perak, atau perunggu.

Peserta yang masuk babak final juga akan mendapatkan pengalaman menyenangkan untuk belajar sains. Indun mengatakan pada tahun ini target peserta OSK bisa menjangkan 100.000 anak MI/ SD. Anak-anak bangsa ini diajak untuk memanfaatkan peluang ini dengan semangat Aku Maju, Bangsaku Maju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.