Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Bea Siswa, Tabur Bunga di Laut

Kompas.com - 11/11/2010, 05:32 WIB

GRESIK, KOMPAS — Peringatan Hari Pahlawan di Kabupa- ten Gresik, Rabu (10/11), dilaksanakan dengan beragam kegiatan. Ada tabur bunga di laut dan taman makam pahlawan, aksi teaterikal, dan pelepasan burung di sekolah. Sementara 96 siswa berprestasi menerima beasiswa dari Bupati Gresik Sambari Halim Radianto di Alun-alun Gresik.

Beasiswa ini diberikan untuk siswa berbakat dan berprestasi akademik maupun non-akademik tahun 2010. Sebanyak 15 siswa berprestasi tingkat nasional dan 81 siswa berprestasi di tingkat Provinsi Jawa Timur.

Sambari mengatakan, peringatan Hari Pahlawan mengingatkan seluruh warga pada jasa dan pengorbanan pejuang demi bangsa dan negara Indonesia. ”Generasi muda dengan semangat kepahlawanan diharap- kan mampu meneruskan perjuangan dan cita-cita pahlawan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bu- pati Gresik Mohammad Qosim seusai upacara mengikuti tabur bunga di tengah laut. Tabur bunga diikuti sejumlah anggota Kepolisian Resor Gresik, Satuan Polisi Air, karyawan PT Pelindo III Cabang Gresik dan Adminis- tratur Pelabuhan Gresik, Dinas Perhubungan Gresik, serta Pramuka.

Adapun di SMP Negeri 2 Kebomas Gresik peringatan Hari Pahlawan dikemas dengan pemilihan sosok pahlawan lingkungan hidup. Prasetyo Adi Nugroho, siswa kelas VIIIA, dan Putri Amalia, siswi kelas IXD, terpilih dan dinobatkan sebagai pahlawan lingkungan hidup versi SMPN 2 Kebomas.

Keduanya juga diberi kesempatan melepas 1.000 burung bersama kepala sekolah, guru, dan undangan yang lain.

Penobatan itu dihadiri Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik, perwakilan dari PT Petrokimia Gresik, dan Kecamatan Kebomas. Siswa juga menye- lenggarakan istigasah dan pameran produk sekolah ramah lingkungan.

Kepala SMP Negeri 2 Kebomas Yudo Siswanto menjelaskan, penobatan pahlawan lingkungan hidup merupakan bentuk apresiasi sekolah kepada insan sekolah yang telah berjasa dalam pelestarian lingkungan.

Momen Hari Pahlawan berdekatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa yang jatuh pada 5 November dirangkai dengan Hari Pahlawan pada 10 November.

Prasetyo dan Putri memenuhi kriteria di antaranya berkiprah dalam perbanyakan tanaman di lingkungan sekolah.

Mereka juga aktif dalam tim pembibitan, pembuatan pupuk kompos, tim musik limbah, dan tim berbagai produk yang dikembangkan sekolah. ”Diharapkan kiprah keduanya memberi inspirasi bagi siswa lain,” tuturnya. (ACI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com