Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Tuan Rumah Olimpiade Astronomi

Kompas.com - 11/11/2010, 20:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan VI Asian-Pacific Astronomy Olympiad (APAO) 2010. Kabupaten Tolikara, Papua, mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah APAO dengan menggandeng Surya Institute sebagai partner.

APAO akan diselenggarakan tanggal 24 November sampai 5 Desember 2010. Lomba ini akan diikuti oleh 8 tim dari 8 negara di Asia dan Oceania yaitu Indonesia, Rusia, Korea Selatan, Kazakhstan, China, Bangladesh, Nepal, dan Kyrgyztan.

"Saya sangat senang olimpiade bisa diselenggarakan di Tolikara, pemerintah di sana juga memiliki komitmen untuk penyelenggaraan, jadi saya tambah semangat lagi," ujar Yohanes Surya, Pendiri Surya Institute, Kamis (11/11/2010), di Jakarta.

Adapun peserta olimpiade ini akan dibagi dalam dua kategori, yaitu Junior (Secondary School) dan Senior (High School). Karena menjadi tuan rumah, Indonesia berhak untuk mengirimkan dua tim.

"Yaitu tim nasional yang terdiri dari 7 orang dan tim Tolikari terdiri dari 8 orang," ujar Ichsan Ibrahim, Pembina Pelatihan Tim APAO Indonesia.

Ia memaparkan, pelatihan bagi kedua tim dilakukan sejak 9 Februari hingga 21 November 2010. Tim dipersiapkan untuk membawa medali dan meneruskan tradisi Indonesia memboyong 2 emas dan 2 perunggu di APAO 2009.

"Kemampuan observasi dilatih dengan menggunakan teleskop, tiap bulan selama dua kali akan berlatih di Boska. Untuk tahap akhir tim akan melakukan pelatihan di Planetarium," lanjut Ichsan.

Gunawan Admiranto, Ketua Tim Juri APAO 2010 mengatakan, ada tiga ronde dalam penilaian olimpiade ini, yaitu teori berupa naskah soal, observasi dan pengamatan langsung menggunakan teropong, serta pengolahan data.

"Juga ada proses atau langkah-langkah pencapaian yang diinginkan, bagaimana pengolahan data dan bagaimana menjadi peneliti astronomi serta langkah-langkah menjadi astronot," tandas Gunawan.

Adapun penyelenggaraan APAO 2010 diharapkan mampu mempromosikan pendidikan astronomi di negara-negara Asia, Oseania, serta Pasifik pada umumnya. Kegiatan ini juga diharapkan bisa menekankan pentingnya pendidikan sains. Kegiatan tersebut terselenggara atas dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tolikari, Kementrian Pendidikan Nasional, Surya Institute, Departemen Luar Negeri, Ganesha Astromedia ITB, para dosen dan asisten dari Program Studi Astronomi ITB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com