Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Profesor Terima Beasiswa Tanoto

Kompas.com - 13/11/2010, 11:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua orang profesor dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) memeroleh dana bagi penelitian yang  melalui program Tanoto Professorship Award (TPA). Salah satu penelitian yang telah diselesaikan adalah Penyempurnaan Teknologi Gasifikasi Biomassa Sebagai Sumber Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan oleh Prof. Dr. Herri Susanto dari ITB.

Ratih Loekito, Direktur Program Tanoto Foundation, Sabtu (13/11/2010), mengungkapkan, TPA diharapkan bisa terus mendorong suasana akademik dan minat penelitian para mahasiswa doktor, magister maupun tingkat sarjana. Saat ini, kata dia, dalam Program Magister (S-2) 100 persen  dan 120 persen pada Desember 2010).

"Untuk program Doktor, satu doktor telah lulus dan satu kandidat doktor dengan progres kira-kira 80 persen," ujar Ratih, terkait laporan akhir Penyempurnaan Teknologi Gasifikasi Biomassa Sebagai Sumber Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan yang disampaikan Prof Herri Susanto di Jakarta, Jumat (12/11/2010).

Adapun dalam laporan tersebut dipaparkan, penggunaan dana yang diberikan melalui TPA dipergunakan untuk honorarium peneliti, asisten peneliti dan teknisi, beasiswa mahasiswa magister dan doktor, spare part instrumen analisis, bahan kimia dan peralatan atau bahan konstruksi, seminar-seminar di dalam dan luar negeri, serta promosi teknologi gasifikasi biomassa.

"Ini memberi dorongan kepada kami para peneliti untuk untuk bangkit dengan program-program aplikasi teknologi gasifikasi untuk sumber energi di pedesaan dan remote area," ujar Herri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com