Guru Honorer Dipecat Mengadu ke ICW

Kompas.com - 14/11/2010, 19:20 WIB
Editoryuli

TANGERANG, KOMPAS.com - Beberapa guru honor Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Prima Bhakti, Cikupa, Tangerang, dipecat dengan cara tidak diberi jam mengajar tanpa alasan yang jelas.

Atas pemecatan tersebut, guru-guru yang sebagian besar sudah senior itu juga tidak diberi kompensasi apapun.

Demikian pengakuan para guru tersebut yang disampaikan sebagai pengaduannya ke kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (13/11/2010).

Ade Irawan dari Divisi Monitoring Pelayanan Publik ICW mengatakan, pihak SMK Prima Bhakti pun tidak memberi informasi kepada para guru tersebut ihwal sebab-musabab pemecatan mereka.

"Sebelum dipecat, ada guru yang menanyakan honor yang belum dibayarkan, tetapi pihak sekolah malah memaki mereka di depan orang banyak," tutur Ade kepada Kompas.com.

Ade mengungkapkan, kasus semacam ini sebenarnya bukan hanya terjadi sekali dan di satu sekolah saja. Di wilayah Tangerang, kasus seperti ini sangat sering terjadi, terutama hampir di semua sekolah swasta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.