Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LKIR ke-42 Digelar, Anak Muda Ditantang

Kompas.com - 22/11/2010, 13:03 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-42 bagi remaja usia 12-19 tahun dan Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-9 tahun 2010 bagi peserta usia 20-24 tahun.

"Proses seleksi ketat telah dilalui oleh dewan juri yang beranggotakan para ilmuan, dosen, dan pakar di bidangnya masing-masing. LKIR dan PPRI diselenggarakan untuk menumbuh kembangkan budaya meneliti bagi generasi muda, serta meningkatkan apresiasi iptek dan mewadahi keinginan peneliti remaja," ucap Djusman Sajuti, Sekretaris Utama LIPI, saat membuka acara, Senin (22/11/2010) di Depok.

Djusman mengatakan, para remaja diharapkan mampu berperan aktif melakukan inovasi-inovasi yang dapat menjadi solusi alternatif bagi isu-isu aktual yang sedang berkembang. Penelitian remaja dapat diarahkan pada upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan pemecahan masalah-masalah di lingkungan sekitarnya.

"LIPI sejak 1969 telah menyelenggarakan LKIR dalam rangka pembinaan remaja untuk meningkatkan penguasaan dan pemanfaatan IPTEK secara arif," kata Djusman.

Krisbiwati, Ketua Panitia LKIR dan PPRI 2010 mengatakan, dari sebanyak 622 proposal untuk PPRI telah dipilih 24 proposal untuk melakukan pembimbingan. Dari 24 proposal tersebut akhirnya terpilih 15 proposal yang keluar sebagai finalis untuk melakukan presentasi di hadapan dewan juri. Sementara untuk LKIR, dari 148 proposal yang masuk terpilih 15 proposal yang keluar sebagai finalis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com