Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Borong Penghargaan PPRI

Kompas.com - 24/11/2010, 01:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia (PPRI) ke-9 mencapai puncaknya pada Selasa (23/11/10) pukul 19.00 di Widya Graha Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Jakarta.

Sejumlah penghargaan diberikan kepada para pemenang dari tiga kategori, yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK) dan Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT).

Penghargaan diberikan oleh Ana Mustamin, salah satu juri kompetisi yang juga menjabat Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan AJB Bumiputera 1912.

"Saya sangat terkesan dengan hasil-hasil penelitian dari para finalis. Terus terang, kami juga sulit memutuskan pemenangnya," ujar Ana Mustamin dalam sambutannya.

Pemenang PPRI kali ini diborong oleh mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Salah satu pemenang dari UGM tersebut adalah tim Fakultas Farmasi yang terdiri dari Ameilinda Monikawati, Irma Armandari dan Sofa Andari.

Mereka mengusung tema "Aktivitas Kemopreventif Ekstrak Etanolik Herba Ciplukan (Physalis angulata L.) pada Kanker Payudara: Kajian Secara In Vivo dan In Vitro".

Mereka berhasil menjadi juara pertama untuk kategori IPA. Peserta lain dari UGM adalah tim Susilo Harjono dan Ravando, masing-masing dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Ilmu Budaya.

Mereka mengusung tema "Manusia Perahu sesudah Perang Berlalu: Menelusuri Jejak Pengungsi Vietnam di Pulau Galang Indonesia".

Keduanya berhasil menggondol piala juara ketiga untuk kategori IPSK. Sementara itu, peserta ketiga dari UGM adalah tim Azmi Basyarahil dan Dani Aufar yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Keduanya mengusung tema yang berkaitan dengan penanganan korupsi dan berhasil meraih juara kedua untuk kategori IPSK. Ditanya tentang perasaan ketika memenangkan, Ameilinda mengatakan, "terus terang tidak menyangka, waktu presentasi jurinya seolah kurang tertarik dengan penelitian ini."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com