Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampung Ambon Bebas Narkoba

Kompas.com - 24/11/2010, 22:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Upaya penanggulangan narkoba oleh Badan Narkotika Nasional atau BNN dengan membina warga Kampung Ambon, Cengkareng, Jakarta Barat, menunjukkan keberhasilan cukup signifikan. Daerah yang dulu sangat lekat dengan narkoba itu saat ini telah berubah menjadi wilayah bebas narkoba sehingga permukimannya pun nyaman untuk ditinggali sejak setahun terakhir ini.

"Persentasenya kami belum tahu karena baru dapat dievaluasi akhir tahun. Tapi yang jelas, sejak Kampung Ambon jadi kampung binaan, ada perubahan yang cukup signifikan. Dan yang paling mendasar, dari yang dulunya sangat tertutup dari orang lain, kini siapa saja sudah dengan leluasa tanpa rasa takut dapat masuk Kampung Ambon," kata Hidayat Fabanyo, Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN, Rabu (24/11/2010).

Untuk mengubah kebiasaan warga Kampung Ambon, pihaknya juga melibatkan warga setempat dengan berbagai kegiatan positif mulai dari olahraga, menjahit, keterampilan salon, dan keterampilan memasak. "Yang jelas kegiatan ini diadakan untuk mengubah pemikiran akan bahaya penggunaan narkoba yang selama ini cukup melekat bagi pengguna dan pengedarnya," katanya.

Menurut Hidayat, mengubah perilaku pengguna, pengedar, serta pembuat narkoba dengan perilaku hidup sehat tidak mudah. Penanganan itu perlu peran serta seluruh kalangan, mulai dari atas sampai kalangan bawah. Selain itu, yang paling pokok peran serta keluarga, khususnya orang tua, dalam mendidik serta mengarahkan anak-anaknya akan bahaya narkoba. "Orangtua merupakan pilar utama dalam mendidik sukses tidaknya anak," tambah Hidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com