Guru Honorer Hanya Bisa Berharap

Kompas.com - 25/11/2010, 12:12 WIB
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Peningkatan kesejahteraan guru, terutama guru honorer, masih menjadi harapan sebagian besar guru di Indonesia. Harapan itu dikemukakan oleh guru-guru yang hadir pada peringatan Hari Guru Nasional hari ini, Kamis (25/11/2010), di Gedung Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta.

"Harapan saya HGN kali ini adalah momentum meningkatkan kesejahteraan guru," ujar Titis Haryani, guru SDN CPB 03 Pagi, Cempaka Putih Barat, kepada Kompas.com seusai menghadiri upacara HGN.

Hal senada diungkapkan Tri, guru SDN Susukan 13 Petang, Rambutan. Ia berharap kesejahteraan guru diperhatikan, khususnya guru-guru honorer.

"Saya sudah enam tahun menjadi guru honorer dan belum diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS)," ujar Tri yang mengajar pelajaran Agama.

Harapan yang diungkapkan Rusmini, guru SDN Pejaten Barat 05 Pagi, kurang lebih sama. Bertepatan dengan memperingati hari guru, harap Rusmini, pemerintah memerhatikan nasib para guru honorer seperti dirinya.

"Proses pengangkatan terlalu lama. Saya juga sudah enam tahun menjadi guru honorer dan belum menjadi PNS," tutur Rusmini.

Sementara itu, Diani, guru Bimbingan Konseling (BK) SMKN 6, Jakarta, juga berharap HGN menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah untuk lebih memerhatikan nasib guru. Hal itu semata-mata karena kewajiban guru semakin teruji untuk membuat anak didik selalu bagus dalam prestasi belajarnya.

"Kesejahteraan guru honorer tolong diperhatikan," lanjut Diani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.