Staf Khusus Wapres Jadi Guru Besar UI

Kompas.com - 27/11/2010, 09:21 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Indonesia  akan mengukuhkan dua guru besarnya, yaitu Prof Mohamad Ikhsan sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Ekonomi dan Prof Anhari Achadi sebagai Guru Besar Tetap Fakultas Kesehatan Masyarakat. Pengukuhan akan dilaksanakan pada hari Sabtu (27/11/2010) ini di Aula Fakultas Kedokteran UI, Salemba, Jakarta.

Menurut rencana, Wakil Presiden Boediono akan hadir dalam upacara pengukuhan yang dipimpin Rektor UI Prof Dr der Soz Gumilar Rusliwa Somantri. Sebab, salah satu guru besar itu, yaitu Prof Mohamad Ikhsan, adalah Staf Khusus Wakil Presiden RI.

Dalam pidato ilmiahnya yang bertema "Kebijakan Ekonomi Makro, Khususnya Stabilisasi Harga dan Penanggulangan Kemiskinan", Ikhsan mengatakan bahwa pada pascakrisis (1999-2004) terjadi penurunan angka kemiskinan lebih karena berhasilnya program pengendalian harga (stabilisasi harga) pada barang-barang yang sensitif terhadap rakyat miskin, seperti beras.

Dia menjelaskan, persoalan inflasi berasosiasi dengan masalah konektivitas domestik yang belum memadai dan bekerja seperti yang diinginkan. "Masalah konektivitas ini tidak hanya menyangkut masalah infrastruktur fisik, tetapi juga masalah infrastruktur lunak yang menghambat bukan hanya pergerakan barang dan jasa, tetapi juga mengurangi kesempatan keluarga miskin untuk menikmati gelombang pertumbuhan ekonomi," tulis Ikhsan.

Sementara itu, dalam pidato pengukuhannya yang berjudul "Pengendalian Masalah Merokok di Indonesia, Diperlukan Kearifan Semua Pihak untuk Menyepakati Regulasi yang Komprehensif dan Kuat", Prof Anhari Achadi menekankan bahwa merokok telah menjadi epidemi global yang meluas, termasuk  di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.