Perpustakaan Yogya Angkat Sastra Jawa

Kompas.com - 08/12/2010, 21:49 WIB
EditorMarcus Suprihadi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Perpustakaan Kota Yogyakarta mulai mengangkat karya sastra berbahasa Jawa. Hal ini dilakukan melalui forum diskusi karya sastra berbahasa Jawa yang selama ini belum pernah dilakukan.

Diskusi Sastra Jawa diselenggarakan di Perpustakaan Kota Yogyakarta untuk pertama kalinya, Rabu (8/12/2010). Diskusi ini membahas novel berbahasa Jawa, Singkar, karya Siti Aminah. Novel itu diterbitkan atas kerja sama Organisasi Pengarang Sastra Jawa dan Penerbit Griya Jawi pada 2008 dengan tujuan utama untuk melestarikan sastra Jawa.

Koordinator Diskusi Sastra Jawa Perpustakaan Kota Yogyakarta Triyanta mengatakan, selama ini diskusi sastra Jawa tak pernah dilakukan karena pihak perpustakaan kesulitan mencari karya sastra Jawa sebagai bahan diskusi. "Di sini saja kami hanya punya tak lebih dari 20 judul karya sastra Jawa. Mungkin hanya 1 persen dari keseluruhan koleksi kami yang berbahasa Jawa," katanya.

Ditulis dalam bahasa Jawa sehari-hari (ngoko), Singkar ini mengisahkan kehidupan dengan latar belakang pedesaan di daerah Bantul selatan. Sekitar 40 peserta mengikuti diskusi tersebut dengan antusias. Sebagian besar dari mereka adalah anggota komunitas pencinta sastra Jawa dengan usia rata-rata lebih dari 50 tahun.

Salah satu topik perdebatan adalah penulisan sastra berbahasa Jawa yang tidak lagi mengikuti pakem yang berlaku, di antaranya penggunaan bahasa Jawa ngoko dan banyak menggunakan bahasa serapan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X