Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Yogya Angkat Sastra Jawa

Kompas.com - 08/12/2010, 21:49 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Perpustakaan Kota Yogyakarta mulai mengangkat karya sastra berbahasa Jawa. Hal ini dilakukan melalui forum diskusi karya sastra berbahasa Jawa yang selama ini belum pernah dilakukan.

Diskusi Sastra Jawa diselenggarakan di Perpustakaan Kota Yogyakarta untuk pertama kalinya, Rabu (8/12/2010). Diskusi ini membahas novel berbahasa Jawa, Singkar, karya Siti Aminah. Novel itu diterbitkan atas kerja sama Organisasi Pengarang Sastra Jawa dan Penerbit Griya Jawi pada 2008 dengan tujuan utama untuk melestarikan sastra Jawa.

Koordinator Diskusi Sastra Jawa Perpustakaan Kota Yogyakarta Triyanta mengatakan, selama ini diskusi sastra Jawa tak pernah dilakukan karena pihak perpustakaan kesulitan mencari karya sastra Jawa sebagai bahan diskusi. "Di sini saja kami hanya punya tak lebih dari 20 judul karya sastra Jawa. Mungkin hanya 1 persen dari keseluruhan koleksi kami yang berbahasa Jawa," katanya.

Ditulis dalam bahasa Jawa sehari-hari (ngoko), Singkar ini mengisahkan kehidupan dengan latar belakang pedesaan di daerah Bantul selatan. Sekitar 40 peserta mengikuti diskusi tersebut dengan antusias. Sebagian besar dari mereka adalah anggota komunitas pencinta sastra Jawa dengan usia rata-rata lebih dari 50 tahun.

Salah satu topik perdebatan adalah penulisan sastra berbahasa Jawa yang tidak lagi mengikuti pakem yang berlaku, di antaranya penggunaan bahasa Jawa ngoko dan banyak menggunakan bahasa serapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com