Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Raih 3 Emas dan 5 Perak

Kompas.com - 13/12/2010, 22:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Membanggakan, sebanyak 12 pelajar SMP Indonesia berhasil meraih 3 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu pada ajang Olimpiade Sains Junior Internasional atau 7th International Junior Science Olimpiad (IJSO). Olimpiade internasional yang berlangsung 1-11 Desember 2010 di Abuja, Nigeria, itu diikuti 34 negara.

Hari Rabu (13/12/2010) siang tadi, para pelajar yang telah mengharumkan nama Indonesia itu diterima Menteri Pendidikan Nasional M Nuh. Pada kesempatan itu, Nuh menjanjikan beasiswa sampai S1.

IJSO adalah ajang kompetisi tahunan bidang ilmu pengetahuan alam mencakup mata pelajaran Fisika, Biologi, Kimia, dan Matematika untuk kelompok usia 15 tahun tingkat SMP. Kompetisi yang kali pertama digagas oleh Indonesia pada 2004 ini bertujuan untuk mendorong anak-anak muda mencintai ilmu pengetahuan alam dan mengembangkan komunikasi internasional dalam bidang sains.

Medali emas diraih oleh Muhamad Iqbal Ibrahim (SMP Pribadi Depok), Richard Akira Heru (SMP DL Dominico Savio, Jawa Tengah), dan Fransisca Susan (SMP St Ursula, Jakarta).

Medali perak dipersembahkan I Made Gita Narendra Kumara (SMPN 1 Negara, Bali), Mikael Harseno Subianto (SMP Susteran, Purwokerto), dan Putu Ivan Budi Gunawan (SMPN 1 Tabanan, Bali), Yoga Rafinika (SMP Sragen Bilingual Boarding School), dan Faisal Puji Nugroho (SMPN 68, Jakarta).

Adapun peraih medali perunggu adalah Mardika Firlina (SMP Pribadi School, Bandung), Titis Setiyobudi (SMPN 1 Kauman, Tulungagung), Anang Rizki Muharom (SMPN 2, Semarang), dan Nurul Falahiyyah Bahri (SMPN 1, Sumenep).

Indonesia juga berhasil meraih posisi terbaik ketiga Best Experimental atas nama Yoga Rafinika dan Mardika Firlina.

Taiwan menjadi negara pemenang terbaik di tes teori, sementara India meraih posisi terbaik di bidang percobaan atau eksperimen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com