Indonesia Raih 3 Emas dan 5 Perak

Kompas.com - 13/12/2010, 22:20 WIB
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Membanggakan, sebanyak 12 pelajar SMP Indonesia berhasil meraih 3 medali emas, 5 perak, dan 4 perunggu pada ajang Olimpiade Sains Junior Internasional atau 7th International Junior Science Olimpiad (IJSO). Olimpiade internasional yang berlangsung 1-11 Desember 2010 di Abuja, Nigeria, itu diikuti 34 negara.

Hari Rabu (13/12/2010) siang tadi, para pelajar yang telah mengharumkan nama Indonesia itu diterima Menteri Pendidikan Nasional M Nuh. Pada kesempatan itu, Nuh menjanjikan beasiswa sampai S1.

IJSO adalah ajang kompetisi tahunan bidang ilmu pengetahuan alam mencakup mata pelajaran Fisika, Biologi, Kimia, dan Matematika untuk kelompok usia 15 tahun tingkat SMP. Kompetisi yang kali pertama digagas oleh Indonesia pada 2004 ini bertujuan untuk mendorong anak-anak muda mencintai ilmu pengetahuan alam dan mengembangkan komunikasi internasional dalam bidang sains.

Medali emas diraih oleh Muhamad Iqbal Ibrahim (SMP Pribadi Depok), Richard Akira Heru (SMP DL Dominico Savio, Jawa Tengah), dan Fransisca Susan (SMP St Ursula, Jakarta).

Medali perak dipersembahkan I Made Gita Narendra Kumara (SMPN 1 Negara, Bali), Mikael Harseno Subianto (SMP Susteran, Purwokerto), dan Putu Ivan Budi Gunawan (SMPN 1 Tabanan, Bali), Yoga Rafinika (SMP Sragen Bilingual Boarding School), dan Faisal Puji Nugroho (SMPN 68, Jakarta).

Adapun peraih medali perunggu adalah Mardika Firlina (SMP Pribadi School, Bandung), Titis Setiyobudi (SMPN 1 Kauman, Tulungagung), Anang Rizki Muharom (SMPN 2, Semarang), dan Nurul Falahiyyah Bahri (SMPN 1, Sumenep).

Indonesia juga berhasil meraih posisi terbaik ketiga Best Experimental atas nama Yoga Rafinika dan Mardika Firlina.

Taiwan menjadi negara pemenang terbaik di tes teori, sementara India meraih posisi terbaik di bidang percobaan atau eksperimen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.