Jabar Juara Umum Hari Nusantara 2010

Kompas.com - 14/12/2010, 06:28 WIB
Editor

Bandung, Kompas - Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan Adibakti Mina Bahari karena dinilai berhasil memajukan sejumlah bidang perikanan dan kelautan. Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menerima penghargaan itu dari Wakil Presiden Boediono di Lapangan Helipad Pertamina, Pantai Melawai, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, dalam acara puncak Peringatan Hari Nusantara ke-11, Senin (13/12).

Hadir pada acara itu Ny Herawati Boediono, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad beserta Ny Hana Hasanah, Gubernur Provinsi Kaltim Awang Faroek Ishak, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, Bupati dan Wali Kota se-Kalimantan Timur, seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan undangan lainnya. Peringatan Hari Nusantara merupakan penghormatan atas kegigihan tokoh nasional Juanda dalam memperjuangkan batas teritorial laut dan perairan Indonesia.

Menurut Wakil Presiden, wilayah laut bukan di sekitar pulau-pulau sejauh 3 mil dari pantai. Wilayah kita adalah satu kesatuan yang utuh dari Sabang sampai Merauke.

Menurut dia, laut bukanlah pemisah wilayah ataupun antarpulau. Keberadaan laut dan potensi di dalamnya justru menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku yang mendiami lebih dari 17.000 pulau, baik yang besar maupun kecil di seantero Nusantara. Semua itu harus dimanfaatkan bagi kesejahterahan bangsa.

Motivasi

Fadel menjelaskan, Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan penghargaan Adibakti Mina Bahari kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang berhasil memajukan sejumlah bidang perikanan dan kelautan. Bidang itu antara lain perikanan budidaya; perikanan tangkap; pengolahan dan pemasaran hasil perikanan; serta pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan kepada nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan, dan kelompok masyarakat pengawas.

Gubernur Jabar menyatakan, penghargaan ini merupakan bagian dari perhatian pemerintah pusat atas segala upaya daerah dalam memajukan sektor kelautan dan perikanan. Ini diharapkan menjadi motivasi semua pihak terkait untuk mengukir prestasi lebih baik lagi di masa mendatang. Potensi yang melimpah di sektor kelautan dan perikanan harus menjadikan sektor ini sebagai lokomotif perekonomian bangsa di masa depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: KEP.71/MEN/2010 25 November 2010 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Adibakti Mina Bahari, Provinsi Jawa Barat ditetapkan sebagai juara umum.

(*/dmu)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.