Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Heran Putra Malaysia "Ranking" VI

Kompas.com - 17/12/2010, 13:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemeringkatan perguruan tinggi dunia berdasarkan pendekatan kampus ramah lingkungan, UI Green Metric Ranking of World Universities, merupakan yang pertama kali dilakukan dan diikuti 95 perguruan tinggi dari 35 negara. Perguruan tinggi dari Amerika Serikat dan Inggris mendominasi peringkat ke-10 besar UI Green Metric Ranking of World Universities 2010 tersebut, selain juga perguruan tinggi dari Malaysia dan Kanada.

Tercatat pada pemeringkatan itu, "kampus hijau" terbaik di dunia diraih Universitas California, Berkeley, AS, yang disusul selanjutnya oleh Universitas Nottingham, Inggris; York University, Kanada; Northeastern University, AS; serta Cornell University, AS. Universiti Putra Malaysia bahkan menduduki peringkat keenam dunia.

Adapun perguruan tinggi Indonesia baru berhasil masuk di urutan ke-20 besar dunia. Bahkan, meski sebagai "empunya" pemeringkat, UI sendiri berada di peringkat ke-15, yang disusul kemudian oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) pada peringkat ke-18.

Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri di Jakarta, Kamis (16/12/2010), mengatakan, dari 95 perguruan tinggi yang terlibat, 22 perguruan tinggi di antaranya berasal dari Indonesia. Dari 1.000 perguruan tinggi penerima kuisioner yang dikirimkan pihak UI untuk dilakukan penilaian dan pemeringkatan, hanya 500 perguruan tinggi yang merespons dan hanya 95 yang mengisi secara lengkap.

"Ini parameter yang obyektif, jangan heran kalau Putra Malaysia berada di peringkat keenam. Itu karena kampus mereka adalah kampus pertanian yang sangat hijau," ujar Gumilar kepada Kompas.com.

Diberitakan sebelumnya, Kamis (16/12/2010), setelah adanya Shanghai Jiao Tong, THES, QS, HEEACT, serta Webometrics sebagai kanal pemeringkatan perguruan tinggi berskala Internasional, Universitas Indonesia (UI) memperkenalkan UI Green Metric Ranking of World Universities. Daftar pemeringkatan versi UI ini diharapkan menjadi sumber referensi pemeringkatan kelas dunia berdasarkan komitmen perguruan tinggi dalam pengembangan infrastruktur yang ramah lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com