Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaltim Bangun 150 Perpustakaan Desa

Kompas.com - 18/12/2010, 16:20 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Badan Perpustakaan menargetkan pembangunan 150 perpustakaan desa pada 2011.

Kepala Badan Perpustakaan Kalimantan Timur, Syafruddin Pernyata di Samarinda, Sabtu (18/12/2010), mengatakan, badan yang dipimpinnya terus berusaha agar seluruh desa di Kaltim memiliki perpustakaan.

Tujuannya, meningkatan sumber daya manusia karena perpustakaan merupakan gudang ilmu yang menyediakan berbagai kebutuhan baik ilmu tentang pertanian, perkebunan, perikanan, maupun bisnis.

Untuk meningkatkan jumlah perpustakaan, lanjutnya, sejak 2009 Badan Perpustakaan Kaltim mengembangkan Perpustakaan Desa sebanyak 35 unit.

Kemudian pada 2010  ditingkatkan sehingga menjadi 170 unit atau ada penambahan sebanyak 135 unit. Selanjutnya pada 2011 ditargetkan terbangun lagi sebanyak 150 perpustakaan baru yang tersebar di sejumlah desa.

Dia menyebutkan, dari 170 perpustakaan desa itu, telah didistribusikan bantuan sebanyak 17.500 judul buku yang masing-masing judul sebanyak dua buku sehingga total mencapai 35.000 buku, sedangkan buku tersebut merupakan bantuan pusat.

Dari total 35.000 buku tersebut, masing-masing perpustakaan desa mendapatkan 500 judul buku atau 1.000 eksemplar sehingga yang mendapat bantuan buku pada 2010 ada 35.000 unit perpustakaan.

Menurut dia, pendirian perpustakaan desa juga terbantu dengan komitmen beberapa kabupaten dan kota yang ingin membangun perpustakaan di desa masing-masing. Daerah yang belum memiliki perpustakaan desa diharapkan segera membangun.

Daerah yang turut membantu pendirian perpustakaan desa itu antara lain Kabupaten Kutai Kartanegara, bahkan daerah ini akan membangun lagi 40 perpustakaan dari 223 desa di kabupaten itu.

Selain mengembangkan perpustakaan desa, Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim juga memprioritaskan pengembangkan perpustakaan di Puskesmas 24 jam.

Saat ini terdapat 10 Puskesmas dengan pelayanan 24 jam di 10 kabupaten dan kota di Kaltim. Perpustakaan Puskesmas diharapkan berguna bagi pasien rawat inap, pengunjung, petugas medis dan keluarga pasien untuk menambah pengetahuan dan wawasan selama berada di Puskesmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com