Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Hotel Mini untuk Siswa....

Kompas.com - 20/12/2010, 16:04 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Rencana pembangunan hotel mini sekolah yang diprogram oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Maluku tahun 2011 dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi siswa yang menimba ilmu pengetahuan di Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK), khususnya di bidang perhotelan dan pariwisata. Hotel mini ini dapat dijadikan salah satu sarana mempersiapkan siswa jelang program magang atau uji kompetensi siswa di hotel-hotel.

"Mudah-mudahan dalam tahun anggaran 2011 program ini bisa terealisasi agar siswa SMK Negeri V Ambon bisa mempraktekkan ilmu yang diterimanya secara baik," kata Kabid Pendidikan Menengah, Disdikpora Maluku, Andre Jamlay, di Ambon, Senin (20/12/2010).

Disdikpora juga berupaya melakukan kerjasama dengan pemerintah dan mitra sinas untuk melakukan revitalisasi terhadap sarana prasarana dasar yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan sekolah. Karena sejak konflik beberapa waktu lalu, banyak peralatan praktik siswa SMK sudah tidak memadai. 

"Untuk itu kami berupaya mencari bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Daerah, termasuk industri, yang memiliki keberpihakan terhadap upaya peningkatan mutu pendidikan," ujar Andre.

Selain itu, lanjut Andre, Disdikpora juga berupaya membangun komunikasi dengan semua perangkat di sekolah baik guru, orang tua murid maupun komite sekolah bersama komponen masyarakat yang memiliki kompetensi untuk duduk bersama mencari langkah terbaik memajukan SMK V.

"Kita berharap SMK ini di masa datang bisa didorong menjadi sebuah lembaga pendidikan profesional dan mampu melahirkan siswa yang punya kompetensi di bidang patiwisata," katanya.

Saat ini, tutur Andre, sudah ada hotel mini di SMK V tapi hanya tersedia dua kamar. Ke depan, dia berharap, akan dikembangkan lagi jumlah kamarnya dengan berbagai kelas hotel, mulai tipe melati, standar, deluxe, superior, Veri Important Person (VIP) hingga president suite.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com