Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lho, Unej Belajar Pertanian ke Thailand?

Kompas.com - 21/12/2010, 16:50 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember (Unej) menjalin kerja sama dengan Rajamangala University of Technology Thanyaburi (RMUTT), Thailand. Kerja sama tersebut meliputi penyelenggaraan double degree untuk jurusan teknologi pertanian dan teknologi hasil pertanian.

Dekan FTP Unej Dr Iwan Taruna mengatakan, Selasa (21/12/2010), mengatakan, kerja sama tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan "Memorandum of Understanding" (MoU) antara Dekan FTP Unej dengan Dekan Faculty of Agricultural Technology RMUTT Prof Wallop Promthong di Thailand. Iwan berharap, kerja sama ini memiliki dampak yang positif bagi civitas akademika Unej, khususnya Fakultas Teknologi Pertanian.

"Kami berharap, sejumlah fakultas di Unej melakukan terobosan dan inovasi di bidang kerja sama dengan sejumlah universitas di beberapa negara, sehingga kualitas pendidikan di Unej semakin maju," terangnya.

Dalam perjanjian itu, lanjut Iwan, Unej dan RMUTT akan bertukar staf pengajar dan kerja sama di bidang penelitian. Diharapkan melalui kerjasama ini kedua pihak dapat meningkatkan kualitas pendidikan dengan baik.

Ia menjelaskan, kerjasama program double degree tersebut mendapat dukungan dari Program Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Sekretariat Jendral Kementerian Pendidikan Nasional.

Adapun alasan memilih kerja sama dengan Rajamangala University of Technology Thanyaburi adalah RMUTT merupakan salah satu universitas di Thailand yang memiliki peringkat Webometric 3.404 dan terdapat banyak kesamaan dengan FTP Unej.

"Thailand dikenal sebagai negara yang sudah maju di bidang pertanian, sehingga wajar jika kami menjalin kerja sama dengan mereka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com