Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Tetap Terapkan Skema BPOB untuk S-1

Kompas.com - 30/12/2010, 18:18 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2010/2011 Universitas Indonesia (UI) kembali akan menerapkan skema pembayaran pendidikan melalui program Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOPB), khususnya untuk program Sarjana (S-1) Reguler. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Komunikasi UI ishnu Juwono kepada Kompas.com, Kamis (30/12/2010) sore tadi.

Melalui skema pembayaran pendidikan ini, papar Vishnu, calon mahasiswa yang diterima di program S-1 Reguler, baik melalui SIMAK, PPKB, atau SNMPTN, akan membayar biaya pendidikan sesuai kemampuan finansial orangtua maupun penanggung jawab biaya pendidikannya sesuai sistemasi yang ditentukan UI dan dapat dipertanggungjawabkan transparansinya.

Vishnu mengatakan, skema tersebut kembali diberlakukan sebagai bentuk komitmen UI dalam mendukung sistem pendidikan tinggi Pemerintah dan sesuai intruksi PP No.66 2010 dan Permen No.34 tahun 2010.

"Sehingga pada 2011 ini kuota untuk seleksi masuk UI atau Simak UI ditetapkan minimalis dari total mahasiswa baru yang diterima UI tiap tahunnya dan sisanya diterima melalui seleksi nasional atau SNMPTN sebesar 60 persen," ujar Vishnu.

Diberitakan sebelumnya, UI kembali jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) 2011. Simak UI merupakan ujian seleksi masuk UI yang terintegrasi dari jenjang pendidikan Vokasi/D3 hingga jenjang pendidikan Doktoral.

Simak UI 2011 akan dilaksanakan serentak pada 3 Juli 2011 di beberapa kota besar di Indonesia. Pendaftaran seleksi tetap dilakukan secara online melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id. Calon mahasiswa dapat memilih minimal dua program studi dengan membayar Rp 200.000.

"Pengumuman seleksinya dilaksanakan pada 24 Juli 2010," jelas Vishnu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com