Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Sekolahkan 3 Guru Madrasah

Kompas.com - 05/01/2011, 14:48 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sebanyak enam guru dari tiga sekolah madrasah di Jawa Timur berkesempatan mengikuti pendidikan di Australia selama tiga pekan dalam program Bridge 2011. Program tersebut merupakan kerja sama di segala bidang antara guru di Indonesia dan Australia.

Demikian diungkapkan Perwakilan Kedutaan Besar Australia, Pingkan Umboh, di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jatim, Surabaya, Selasa (4/1/2011). Dengan adanya kesempatan pembelajaran di Australia, kata Pingkan, para guru bisa bertukar pikiran dan saling berdiskusi di segala bidang, termasuk budaya kedua negara.

Selain madrasah di Jatim, tujuh madrasah lainnya dari DKI Jakarta dan Banten juga berkesempatan mengikuti hal yang sama. Sampai saat ini, kata dia, program Bridge sudah merangkul 47 kemitraan di tujuh provinsi di Indonesia dan memberangkatkan 59 guru untuk menempuh pendidikan di Australia.

"Maret 2011, kami menargetkan ada penambahan hingga 57 kemitraan di tujuh provinsi, dan ada 111 guru yang berangkat," tutur Pingkan.

Adapun para guru yang terpilih itu berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Ulum Batu Malang, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri, dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Malang. Program kerja sama antarsekolah atau Bridge dimulai sejak 2008 oleh pemerintah Australia dan Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Asia Education Foundation yang itu didanai oleh pemerintah Australia dan The Myer Foundation. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com