Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Amankan ASEAN Summit

Kompas.com - 07/01/2011, 15:28 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Pasukan Pengamanan Presiden siap mengamankan dua acara internasional pada tahun 2011 yang digelar di Indonesia. Pertama, ASEAN Summit yang akan dihadiri 10 kepala negara. Kedua, East Asia Summit yang dihadiri 18 kepala negara.

Masing-masing kepala negara, sesuai standar internasional, akan mendapatkan pengawalan khusus dari Paspampres.

SBY mengatakan, ini merupakan tugas berat. "Ini harus aman, harus berhasil," kata Presiden ketika membuka acara syukuran peresmian flat Paspampres di Desa Bojong Nangka, Gunung Putri, Bogor, Jumat (7/1/2011).

Turut mendampingi Presiden, Ibu Negara Ani Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Komandan Paspampres Mayjen TNI Waris, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, dan lainnya.

Presiden meminta Paspampres terus berlatih dan meningkatkan kemampuan pengamanan. Paspampres juga diminta terus meningkatkan kesiagaannya dalam memberikan pengamanan.

Kepala Negara juga mengatakan, kenaikan pangkat dan remunerasi anggota Paspampres tetap diperhatikan. Pemerintah juga tetap memerhatikan kesejahteraan sekitar 3.000 anggota Paspampres.

Flat Paspampres

Flat Paspampres yang diresmikan Presiden SBY itu berdiri di atas lahan seluas 3,2 hektar. Di atas lahan tersebut, terdapat tujuh bangunan serupa rumah susun yang dihuni 350 keluarga.

Flat itu sebenarnya telah selesai dibangun pada 30 April 2008. Saat itu, flat telah diserahkan secara simbolis oleh Kementerian Pertahanan kepada Paspampres. Di kompleks flat tersebut terdapat fasilitas berupa sekolah taman kanak-kanak, posyandu, pos kesehatan, sentra komputer, sentra bahasa, koperasi, dan lainnya.

Selain itu, bekerja sama dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu II, dibangun pula Rumah Pintar setinggi dua lantai. Rumah Pintar yang ke-240 itu dibangun di atas lahan seluas 300 meter persegi.

Pada Jumat ini, Ibu Negara Ani Yudhoyono turut menandatangani prasasti, tanda bahwa fasilitas tersebut telah diresmikan. Komandan Paspampres, mewakili keluarga besar Paspampres, mengucapkan terima kasih atas pembangunan rumah dinas tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com