Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah UI Sudah Sesuai SUC

Kompas.com - 10/01/2011, 21:35 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono mengatakan, besarnya biaya kuliah yang ditetapkan pada 2008 merupakan hasil mekanisme penghitungan bersama yang dilakukan segenap perwakilan sivitas akademika UI.

"Menetapkan biaya pendidikan standart unit cost (SUC) per mahasiswa untuk program sarjana bidang eksakta sekitar Rp 27.000.000 per semester," kata  Vishnu Juwono di Depok, Senin (10/1/2011).

Adapun biaya untuk program noneksakta Rp 18.000.000 per semester dan Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi biaya pendidikan per mahasiswa Rp 58.000.000 per semester.

Biaya tersebut, kata Vishnu, menyadari beban SUC biaya pendidikan tersebut masih terlalu besar.

Untuk itu, UI hanya membebankan sepertiga dari total biaya pendidikan tersebut kepada mahasiswa, sedangkan selebihnya yaitu sebesar dua pertiga menjadi tanggung jawab UI dan pemerintah.

Mahasiswa UI membayar beban biaya pendidikan sesuai penetapan biaya pendidikan standar yakni sebesar Rp 7.500.000 per semester dan uang pangkal sebesar Rp 25.000.000 yang dibayarkan hanya satu kali dalam masa pendidikan untuk bidang eksakta.

Adapun bidang noneksakta dikenakan Rp 5.000.000 per semester dan uang pangkal Rp 10.000.000, yang dibayarkan hanya satu kali dalam masa pendidikan.

Menurut dia, biaya pendidikan standar merupakan pedoman biaya pendidikan yang dibayarkan oleh mahasiswa yang berasal dari keluarga yang memiliki kemampuan keuangan membayar sebesar Itu.

UI menyadari, variasi kemampuan keuangan keluarga mahasiswa sangat beragam, mulai dari rentang sangat mampu hingga yang sangat tidak mampu.

Oleh karena itu, UI memberlakukan sistem biaya operasional pendidikan berkeadilan (BOP berkeadilan) khusus untuk progam S1 reguler.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com