Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Lho, 9 Kriteria Jadi Rektor ITS!

Kompas.com - 12/01/2011, 15:31 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Pemilihan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (emasuki antiklimaks setelah digelarnya Forum Bersama Senat ITS dan Kementerian Pendidikan Nasional, Rabu (12/1/2011). Di acara tersebut, Prof Triyogi Yuwono mendapatkan suara dan poin terbanyak serta ditetapkan kemudian sebagai Rektor ITS periode 2011-2015.

Penetapan tersebut bisa dikatakan sesuai dengan harapan dosen dan mahasiswa. Hal itu karena pada jaring aspirasi yang dilakukan 20 September 2010 lalu, Triyogi berhasil memenangi suara mahasiswa dan dosen, sedangkan Priyo Suprobo hanya unggul di kalangan karyawan. Kedua calon itu meninggalkan kandidat lain.

Kendati demikian, dalam sidang Senat ITS pada 22 Oktober 2010 lalu, Suprobo mendapatkan suara lebih banyak ketimbang Triyogi dan kandidat ketiga, Prof Daniel Rosyid. Namun, tahun ini penentuan pimpinan perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah dilakukan melalui Forum Bersama antara Senat dan Menteri Pendidikan Nasional.

Adapun suara Mendiknas, yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Djoko Santoso dalam Forum Bersama, sebagian besar diberikan kepada Triyogi Yuwono. Hal ini didasarkan pada sembilan kriteria penilaian calon rektor, yakni kepakaran, pengetahuan tentang perguruan tinggi, pengalaman manajemen, pandangan tentang pengembangan perguruan tinggi ke depan, wawasan tentang prinsip pendidikan tinggi, kepedulian terhadap kebijakan nasional tentang perguruan tinggi, kepedulian terhadap perundang-undangan nasional, kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan, serta wawasan tentang internasionalisasi perguruan tinggi.

"Dari sembilan kriteria itu, semua (calon) diberi nilai 1-5. Mana yang terbesar dan suara diberikan ke calon itu," tutur Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com