Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Bantu Tuntaskan Kasus David

Kompas.com - 14/01/2011, 14:38 WIB

DEPOK, KOMPAS.com - Kasus yang tengah ramai dan menjadi perhatian pihak Universitas Indonesia (UI) saat ini adalah kasus David Welkinson, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UI. David terancam putus kuliah karena diduga tersendatnya pembayaran biaya pendidikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu.

Saat ini pihak UI tengah berupaya menjadi mediator agar terdapat penyelesaian persoalan pembiayaan pendidikan kuliah antara David dan pihak Pemda Bengkulu. Upaya yang dilakukan UI adalah memastikan David tetap bisa berkuliah dengan mengenakan status tunda bayar kepada David. 

"Ini agar dapat memberikan David waktu yang cukup untuk memperoleh solusi dalam masalahnya dengan pemda Bengkulu. Hal itu tentunya dengan dibantu pihak UI sebagai mediator," ungkap Kepala Kantor Komunikasi UI Vishnu Juwono kepada Kompas.com, Jumat (14/1/2011).

Vishnu menuturkan, upaya yang UI lakukan ini semata tanggung jawab UI dalam memastikan mahasiswanya bisa terus mendapatkan akses pendidikan sesuai hak dan kewajibannya. UI akan terus berupaya melakukan mediasi dan membantu sesuai dengan otoritasnya. 

"David ini mahasiwa yang masuk melalui jalur KSDI dan kami berharap ia dapat menyelesaikan kuliahnya apabila memenuhi syarat kelulusan seperti yang tercantum dalam perjanjian kerjasama," ungkap Vishnu.

Adapun program KSDI atau Kerjasama Daerah dan Industri (KSDI) adalah program hasil kerjasama antara UI dengan pemerintah daerah (Pemda) dan kalangan industri yang berlokasi di wilayah luar Jawa dan Bali untuk membuka kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswi berprestasi di luar Pulau Jawa Bali menempuh studi di UI. Melalui KSDI, pembiayaan pendidikan mahasiswa dilakukan oleh Pemda serta industri.

"Kami sadar bahwa berbagai kendala masih kerap muncul dalam penyelenggaraan KSDI, salah satunya adalah kasus David ini dan tentu menjadi bahan evaluasi UI ke depannya," kata Vishnu.

Sebelumnya beredar berita ihwal David Welkinson, mahasiswa asal Bengkulu yang menempuh studi S-1 Reguler di Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, tidak dapat meneruskan kuliahnya karena persoalan biaya. Mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5 ini berhasil masuk UI melalui program KSDI yang diperkenalkan UI sejak 2008.

Diketahui, pada awal semester semester kelima kuliah, uang SPP David dari Pemda ternyata tidak turun. Kasus itu kemudian tercium oleh teman-teman David karena dia hampir-hampir tak bisa melanjutkan kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com