Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Tak Ada, Digaji pun Belum

Kompas.com - 20/01/2011, 10:36 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Guru SDN 023 di daerah masyarakat adat Talang Mamak, suku asli Provinsi Riau, di Desa Talang Durian Cacar Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, belum juga menerima gajinya selama tiga bulan.

"SD negeri ini beroperasi sejak Oktober 2010 dan sampai sekarang guru belum menerima gaji," kata seorang guru, Bambang Eko Santoso, Kamis (20/1/2011).

Ia menjelaskan, hanya ada tiga guru di sekolah itu yang mengajar 35 siswa dari kelas satu hingga kelas lima. Hingga kini, para guru belum mengetahui status mereka sebagai pengajar di institusi pendidikan tersebut.

"Kami belum diangkat jadi pegawai. Kami sendiri bingung statusnya apa, tapi kami tetap semangat mengajar," katanya.

Seorang guru lainnya, Siti Rohmah mengatakan, para guru tetap semangat mengajar meski belum digaji tiga bulan dan kondisi sekolah yang serba kekurangan.

"Saya mengajar karena pengabdian," ujarnya.

Para guru di sekolah itu merangkap sebagai pengajar dua sampai tiga kelas secara bersamaan. Sebabnya, sekolah itu hanya memiliki dua ruang belajar. Mereka juga merangkap sebagai pengajar berbagai mata pelajaran untuk tiap kelas yang berbeda.

"Satu papan tulis juga digunakan untuk mata pelajaran kelas satu dan dua," katanya.

Daerah Talang Mamak di pedalaman Indragiri Hulu hingga kini masih minim perhatian pemerintah untuk pembangunan di segala sektor, terutama untuk infrastruktur dan pendidikan. Tingkat pendidikan masyarakat Talang Mamak juga sangat rendah, meski mereka adalah suku asli dari Riau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com