Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencinta Sastra, ke PDS HB Jassin Yuk!

Kompas.com - 23/01/2011, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anda pencinta sastra? Jangan mengaku pencinta sastra jika belum mengunjungi Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, Jakarta.

Satu-satunya pusat koleksi karya sastra di Indonesia itu menyimpan karya sastra mulai dari tahun 1890-an hingga yang terkini. Terletak di belakang Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin tampak sepi kunjungan masyarakat.

Kepala Perpustakaan PDS HB Jassin, Endo Senggono, mengatakan, pengunjung HB Jassin hanyalah para pencinta sastra dan pelajar yang berkeperluan dalam meneliti sastra. "Namun, di masyarakat umum, sastra itu kurang perhatian," kata Endo yang ditemui di PDS HB Jassin, Minggu (23/1/2011).

Padahal, banyak pengetahuan sastra yang tersimpan dalam koleksi PDS HB Jassin. Hingga kini, PDS HB Jassin yang berawal dari koleksi pribadi Wali Penjaga Sastra Indonesia, HB Jassin, itu menyimpan sekitar 17.000 judul karya sastra fiksi, 12.000 judul nonfiksi, ribuan buku referensi, naskah drama, biografi, kliping, makalah, skripsi atau disertasi. Juga 50.000-an eksemplar berupa guntingan koran yang memuat artikel sastra berupa cerita pendek atau puisi. Koleksi sastra tertua tahun 1890-an pun ada di sana. Buku sastra Melayu Tionghoa yang ditulis dengan bahasa Melayu Pasar tersedia di PDS HB Jassin. "Buku itu lebih tua dari karya sastra Balai Pustaka," kata Endo.

Semua pengetahuan sastra yang terkandung dalam koleksi PDS HB Jassin dapat dipetik pengunjung secara cuma-cuma. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada pengunjung. PDS HB Jassin buka setiap Senin hingga Jumat pukul 09.00 hingga 15.00. Para pengunjung dapat membaca karya puluhan ribu koleksi karya sastra di tempat atau memfotokopi karya yang diminati. "Tidak boleh dibawa pulang. Kalau perlu bahan, ganti ongkos fotokopi saja," kata Endo. Nah, menarik bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com