Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menulis, Satu-satunya Cara agar Tetap Waras

Kompas.com - 25/01/2011, 04:41 WIB

Pengantar Redaksi

Clara Ng mulai mengambil tempat sebagai penulis berbakat sejak novel pertamanya, Tujuh Musim Setahun, diterbitkan tahun 2002. Ia kemudian melaju dengan menjadi pelopor novel-novel metropop, dua tahun kemudian. Clara memang tidak melulu menulis novel dewasa, tetapi juga menulis buku anak-anak. Sebagai penulis penuh (full time writer) juga menyebar cerpen-cerpennya di berbagai media nasional. Saat orang keranjingan Twitter, Clara, bersama sastrawan Agus Noor dan Eka Kurniawan, malah membuat @fiksimini. Kini akun itu sudah memiliki lebih dari 57.777 followers.

Salah satu alasan Clara menulis adalah karena ia tidak abadi, tapi ceritanya imortal.

Clara Regina Juana (alias Clara Ng), kok berani sekali Anda menulis ”karya sastra”?! Apa yang mendorong keberanian Anda untuk menulis?

(Budi Susilo, Sleman)

Budi Susilo, tahu definisi ”berani” di kamus saya?! Keberanian saya adalah kegentaran saya terhadap hidup. Saya rasa, kalau ingin selalu aman sentosa dan terbebas dari rasa takut, tidak usah menulis fiksi! Menjadi penulis fiksi membutuhkan keberanian untuk berhadapan dengan diri sendiri, meneruskan penceritaan, dan terakhir, bertanggung jawab kepada masyarakat.

Obsesi saya adalah menulis, dan saya punya mimpi besar akan mengarang sebuah novel terkenal suatu saat nanti. Kira-kira apa yang harus saya persiapkan untuk novel tersebut? Terkadang imajinasi saya terhenti saat menulis, apa yang harus saya lakukan untuk itu?

(Bagus Supriadi, xxxx@yahoo.co.id)

Saya sering bertemu dengan orang-orang yang mengaku ingin menulis cerita dahsyat. Tapi ternyata saya sangat jarang menemukan yang ”benar-benar” melakukannya dibandingkan dengan yang ”ingin”. Penulis adalah orang yang menulis, jadi kalau seseorang tidak menulis, berarti dia bukan penulis. Karya tak bisa dihasilkan hanya dengan berpikir atau berangan-angan tentang menulis, tapi karya dihasilkan dengan benar-benar bekerja. Maka. nyalakan komputer dan mulailah mengetik cerita. Inspirasi akan mengalir lancar saat mulai menulis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com