Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Outbond Beswan Djarum Kembali Digelar

Kompas.com - 28/01/2011, 15:58 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Pendidikan soft skills merupakan satu pilar pendidikan yang tidak didapatkan secara utuh di bangku pendidikan formal. Besarnya output dari pilar pendidikan ini menjadikan soft skills mutlak diperlukan dan diberikan untuk mengiringi hard skills yang diterima anak didik, terutama mahasiswa yang kelak akan terjun ke masyarakat setelah lulus dari perguruan tinggi.

Demikian diungkapkan M Budi Santoso, Corporate Communication Officer PT Djarum, di acara jumpa pers Pelatihan Outbond "Achievement Motivation Training" Beswan Djarum 2011, di Cikole, Lembang, Bandung, Jumat (28/1/2011). Budi mengatakan, bekal mahasiswa untuk terjun ke masyarakat saat ini semakin tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan akademis, namun juga pendidikan karakter.

"Goals dari pelatihan ini memang untuk meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa. Kita tahu, berbagai permasalahan bangsa saat ini menuntut pendidikan karakter yang baik pada generasi penerus yang ada pada anak didik. Kami ingin, para penerima beasiswa kami bisa mengambil manfaat itu karena soft skills tidak seutuhnya mereka dapatkan di bangku kuliah," ujar Budi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelatihan outbond bagi penerima beasiswa Djarum atau Beswan Djarum Plus tahun ini diikuti 450 mahasiswa dari 73 perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Outbond ini sendiri, kata Budi, merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan Djarum kepada para penerima beasiswa tersebut.

"Di sini mereka belajar memecahkan masalah, baik secara individu maupun kelompok yang diterjemahkan melalui bermacam aktivitas di alam terbuka. Alam adalah tempat terbaik untuk menempa mental mereka," ujarnya.

Adapun kegiatan outbond tersebut dilaksanakan di bawah arahan Zone 235. Kegiatan ini merupakan tradisi wajib mahasiswa penerima Beswan Djarum sebelum mengikuti pelatihan soft skills lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com