Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahuan, Buku SBY Dibagikan ke Siswa SD

Kompas.com - 01/02/2011, 12:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Motif pembagian buku-buku seri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono semakin tidak jelas. Jika sebelumnya di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, sasaran buku tersebut adalah siswa SMP, kini berdasarkan temuan terbaru di Kabupaten Garut, Jawa Barat, buku tersebut juga dibagikan ke siswa sekolah dasar (SD).

"Awalnya, saya memang hanya melihat berita dari televisi soal pembagian buku SBY itu di sekolah-sekolah SMP di Tegal. Tak disangka, ternyata sekolah kami juga kebagian dus kiriman DAK. Kiriman pertama sebanyak 29 dus. Ada lima dus yang isinya buku-buku seri SBY semua," tutur An, Kepala SD TE, Kabupaten Garut, kepada Kompas.com, Selasa (1/2/2011).

An menuturkan, kiriman buku itu diterimanya hanya satu hari berselang berita di televisi soal pembagian buku tersebut di Tegal. Buku-buku itu dikirim dengan truk dan dalam dus-dus bercap dana alokasi khusus (DAK) buku.

"Saya penasaran dan meminta para guru membuka isi dus itu karena jangan-jangan buku yang sedang ramai dibincangkan di televisi itu. Ternyata benar dan kami semua hanya bisa tertawa saja," kata An.

Seperti diberitakan sebelumnya, Selasa (1/2/2011), bukan hanya di SMP-SMP di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, terjadi pembagian buku-buku seri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Diam-diam, buku itu ternyata juga dibagikan di Kabupaten Tangerang (Provinsi Banten) dan Kabupaten Garut (Jawa Barat).

Kabar tersebut dibongkar oleh Serikat Guru Tangerang melalui Divisi Monitoring Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan. ICW saat ini sudah memegang satu dari beberapa buku seri Presiden SBY yang dibagikan itu. "Ternyata memang sudah dibagikan di sekolah di Tangerang. Ada beberapa buku, tapi saya hanya ambil satu untuk contoh saja," kata Ade kepada Kompas.com, Selasa (1/2/2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com